Minggu, 01 November 2015

15 Tips Sederhana Buat Kamu Yang Ingin Menunjukkan Kecintaanmu Pada Bangsa

Menjadi seorang warga negara yang baik adalah kewajiban bagi kita semua. Namun, tidak banyak anak muda yang mengerti apa yang bisa dilakukan bagi yang ingin berkontribusi untuk bangsanya sendiri. Sebenarnya mudah saja kok, Sobat. Kamu tidak perlu terjun ke medan perang atau membuat sebuah karya yang WOW untuk menunjukkan rasa cintamu pada negeri ini. Semua yang kamu butuhkan adalah sikap mental yang bagus dan wujudkan dalam tindakan-tindakan sederhana seperti yang akan Izwie sampaikan berikut ini.

Memang, walaupun Izwie bilang ini sederhana, dalam prakteknya tidak sesederhana yang dibicarakan. Tetap perlu komitmen dan niat kuat untuk merealisasikannya dalam langkah nyata. Namun, Izwie juga tidak bilang hal ini mustahil dilakukan. Siapa tahu, setelah kamu mencobanya, kamu akan memiliki banyak ide lain yang lebih brilian. Kamu bisa membagikannya pula dalam sebuah tulisan sehingga bisa ditiru oleh pembaca yang lain. Yuk, dari pada penasaran segera kita simak tipsnya!

1. Kenali Kebudayaan dan Pariwisatamu Sendiri Supaya Kamu Bangga Karenanya

Kenali Kebudayaan dan Pariwisatamu Sendiri Supaya Kamu Bangga Karenanya
Liburan ke luar negeri memang mengasyikkan. Namun, tahukah kamu, jika pariwisata di Indonesia juga nggak kalah menakjubkan? Kenali budaya dan pariwisata lokal supaya kamu bisa mempromosikannya dengan bangga pada dunia luar.

2. Say No to Korupsi Kecil-kecilan

Permasalahan mendasar bangsa ini adalah sikap mental yang suka korupsi. Tidak ada kebakaran hutan jika tidak ada sepercik api yang mengawalinya. So, langkah yang harus kamu tempuh adalah melawan korupsi dengan tidak melakukan korupsi sekecil apapun dan apapun bentuknya!

3. Ambil Sampah Sepanjang Perjalananmu Saat berjalan Kaki

Masalah lainnya yang tak kalah besar adalah kerusakan alam akibat sampah. Banjir terjadi karena sampah yang menyumbat sungai. Pencemaran tanah juga terjadi karena sampah yang tidak diolah dengan baik. Penyakit berdatangan juga karena sampah. Cegah itu semua dengan merelakan sedikit waktu dan tenagamu saat kamu berjalan kaki. Pungutlah sampah sepanjang perjalananmu dan buang pada tempatnya. Terlihat aneh? Tidak juga. Cuek saja!

4. Kenakan Kaus Bergambar Nuansa Nasionalis

Nah, yang ini pasti kamu bisa melakukannya dengan mudah. Belilah kaos bergambar nuansa nasionalis, bisa berupa kata-kata atau lambang negara dan banggalah menjadi pemuda Indonesia!

5. Gunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Kita memang punya banyak bahasa daerah. Bahasa internasional juga penting untuk dipelajari. Namun sebagai warga negara yang baik, kamu juga harus belajar bagaimana menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Cintailah bahasamu sendiri untuk menunjukkan cintamu pada bangsa.

6. Budayakan Senyum-Salam-Sapa, dan Indonesia Akan Tetap Dikenal Keramahannya

Siapa lagi yang bisa menjaga keramahan Indonesia jika bukan orang-orangnya sendiri. Budayakan untuk tersenyum tulus, salam yang santun dan sapaan ramah agar kamu bisa menjadi bagian dari keramahan Indonesia di mata dunia.

7. Tolonglah Siapapun yang Perlu Pertolonganmu

Tolong menolong dalam kebaikan berarti membangun kebiasaan positif dan mengurangi perilaku negatif di masyarakat. Ibarat satu tubuh, setiap warga negara Indonesia adalah saudaramu. Kamu bisa membantu bukan hanya dalam bentuk materi, dengan tenaga dan ilmu juga bisa, Guys.

8. Hormatilah Orang yang Lebih Tua, Terutama Orang Tua dan Gurumu

Belakangan ini, banyak murid yang tak lagi hormat pada orang tua dan guru. Padahal keduanya sangat berhak mendapatkan penghormatan dari kita karena jasa dan pengorbanan mereka sungguh besar. Kamu tidak akan rugi juka bersikap sopan santun pada mereka.

9. Jangan Mencontek! Kejujuran Adalah Akar dari Kemajuan

Seperti halnya korupsi, mencontek adalah salah satu bentuk ketidakjujuran yang sudah mengakar dalam diri setiap siswa maupun mahasiswa di negeri ini. Kamu harus melawannya! Belajarlah tekun dan jangan pernah mencontek teman supaya kamu terlatih menjadi orang yang jujur.

10. Say No to Plagiarism

Siapa sih yang nggak kesal, setelah capek-capek berkarya kemudian diplagiat begitu saja oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengeruk keuntungan pribadi. Kuncinya, jangan jadi plagiat kalau tidak suka karyamu nanti juga tidak diplagiat!

11. Belilah Produk-produk Buatan Indonesia

Terdengar seperti sebuah slogan iklan? Tapi ada betulnya lho, Guys! Dengan menggunakan produk dalam negeri, kamu membantu para produsen untuk berkembang sehingga bisa mengurangi sikap konsumtif kita terhadap produk luar negeri (impor). Kamu turut berjasa menghidupkan jalannya roda perekonomian dalam negeri dengan bangga memakai produk buatan Indonesia.

12. Tanamlah Pohon untuk Kelestarian Alam Indonesia

Sebisa mungkin, tanamlah pohon untuk generasi penerus kita. Lihatlah, hutan-hutan yang dibakar akan merusak kehidupan di bumi secara luas. Tanamlah pohon untuk keberlangsungan kehidupan anak cucu kita nantinya.

13. Antre Memang Melelahkan, Tapi itu Menunjukkan Kesopanan dan Sikap Positif

Biasakan untuk taat saat mengantre, jangan suka sembarangan menyerobot antrean orang lain karena hal itu sangat tidak sopan dan mengganggu orang lain. Antrelah, latih otot kesabaranmu dengan disiplin mengantre.

14. Bacalah Buku Sejarah Indonesia, Supaya Kamu Tidak Lupa Asal Kenyamananmu

Banyak anak muda yang tidak tahu asal-usulnya sehingga bisa hidup enak saat ini. Solusinya, bukalah buku atau browsing di internet tentang sejarah Indonesia di masa lalu. Kamu akan malu sendiri jika kamu kini hanya bisa jadi beban buat bangsa ini tanpa ada karya satupun.

15. Berhematlah. Generasi Penerus Kita Akan Merasakan Manfaatnya

Gunakan listrik secukupnya. Minimalisir penggunaan plastik. Hematlah air. Kurangi pemakaian bahan bakar minyak. Kurangi pemakaian kertas, dan masih banyak lagi. Banyak hal yang bisa kamu hemat penggunaannya, namun sangat besar manfaatnya bagi generasi penerus kita nanti. So, jangan malas berhemat ya, Guys!

Itulah 15 tips sederhana yang bisa kamu praktekkan mulai sekarang juga. Selamat mencoba!
TAGS
#Inspirasi
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: