Rabu, 11 November 2015

10 Hal Yang Dilakukan Oleh Orang Memiliki Kecerdasan Emosional

Berbeda dengan orang biasa, orang yang memiliki kecerdasan emosional memiliki cara sendiri untuk mengelola emosional mereka. Mengolah emosional merupakan keterampilan yang penting karena bisa menjadi faktor pendukung kesuksesan, baik itu di tempat kerja, pendidikan, di rumah dan lain sebagainya.

Baca Juga : 10 Cara Berpikir Untuk Menjadi Orang Bijak

Setiap hari kita bertemu dengan berbagai macam orang, namun tak banyak orang yang memiliki kecerdasan emosional. Agar kamu bisa lebih memahami dan mempelajari, berikut 10 hal yang dilakukan oleh orang yang memiliki kecerdasan emosional.

1. Mereka Bisa Mengontrol Amarah

Orang Memiliki Kecerdasan Emosional
Orang-orang yang memiliki kecerdasan emosional selalu berusaha untuk bisa mengontrol emosi mereka dengan baik. Dan mereka tahu, jika mereka marah-marah di tempat yang tidak semestinya (di tempat umum), hal itu bisa mengganggu banyak orang. Mereka telah belajar lebih efektif untuk tetap tenang dan logis saat berkomunikasi. Ketika jadwal kereta datang terlambat atau ketika penerbangan mereka tertunda, mereka akan tetap tenang dan mencoba untuk berkomunikasi dengan pihak yang bersangkutan untuk menemukan solusi terbaik. Sisi baiknya, karena mereka bisa bersikap dengan baik, tentunya orang-orang akan benar-benar ingin membantunya.

2. Mereka Peduli

Orang yang cerdas secara emosional sangat menyadari dan memahami perasaan orang lain. Karena hal itu, mereka bisa peka terhadap apa yang sedang dirasakan oleh orang lain. Ketika sedang membeli di pedagang kaki lima misalnya, mereka mungkin mengatakan "bagaimana jualan hari ini?" mereka benar-benar ingin mengetahui dan menunjukkan kepedulian mereka terhadap orang lain.

3. Mereka Tidak Suka Bersandiwara

Mereka tidak suka ikut terlibat dalam gosip, atau terus menerus terperangkap dalam konflik dengan teman-teman, keluarga maupun rekan kerja. Mereka tidak bisa menikmati untuk membicarakan kejelekan orang lain, dan umumnya lebih suka menghindar. Ketika mereka bertemu dengan seseorang yang suka bersandiwara, mereka lebih suka untuk menghindarinya. Mereka memahami, orang-orang yang terlalu dramatis dapat mempengaruhi kehidupannya.

4. Mereka Tidak Mengkambinghitamkan

Orang-orang yang cerdas secara emosi tidak menyalahkan keadaan maupun orang lain atas kesalahan yang telah mereka lakukan.  Mereka lebih suka bertanggung jawab atas hidup mereka sendiri. Jika mereka berbuat kesalahan, mereka tidak akan mengatakan "itu bukan kesalahan kami, itu karena kondisi lingkungan saya yang kurang memadai"

5. Mereka Tidak Terjebak Pada Kemarahan Orang Lain

Ketika dihadapkan dengan seseorang yang sedang kecewa atau marah, sikap orang yang memiliki kecerdasan emosi tidak akan terpancing oleh hal itu. Mereka tidak fokus pada apa yang membuat orang itu kecewa atau marah, tetapi fokus untuk untuk mencari solusinya.

6. Mereka Tidak Mudah Terpancing Emosi

Orang yang tidak memiliki kecerdasan emosi akan mudah marah dan terpancing emosi, tetapi ketika mereka di tanya alasannya, mereka tidak akan benar-benar tahu.  Berbeda dengan orang yang memiliki kecerdasan emosional, mereka benar-benar memahami keadaan atau situasi yang bisa memicu emosi dan tahu bagaimana cara mengatasi hal itu.

7. Mereka Memiliki Teman-teman Yang Cerdas Secara Emosional

Orang-orang cerdas secara emosional cenderung untuk mewujudkan kualitas hidup mereka dengan sering berhubungan dengan orang-orang yang memiliki kecerdasan emosional. Seperti pada poin nomor tiga, orang yang cerdas secara emosional lebih menghindari orang yang sering bersandiwara. Jika seseorang secara emosional tidak cerdas, mereka cenderung untuk tidak mempertahankan persahabatan dengan orang lain, mereka juga lebih condong untuk membuat temannya ikut ke dalam jurang emosional.

8. Mereka Rispect Pada Pembahasan Topik, Bahkan Untuk Hal Yang Sensitif

Seseorang yang tidak memiliki kecerdasan emosional, mereka lebih cenderung untuk menghindari pembicaraan yang membuat mereka tidak nyaman. Mereka akan mengatakan "kita bicarakan itu nanti." Akan berbeda dengan orang yang memiliki kecerdasan emosional, mereka lebih cenderung untuk menanggapi pembicaraan walaupun hal itu membuat mereka tidak nyaman. Mereka lebih fokus untuk segera menyelesaikan masalah dan membuat situasi menjadi lebih baik.

Baca Juga : 8 Cara Hidup Bahagia Yang Jarang Dipikirkan Orang

Bahkan untuk situasi yang sangat sensitif, orang yang memiliki kecerdasan emosional akan benar-benar tahu harus berbuat apa.

9. Mereka Sadar Diri

Orang yang cerdas secara emosional terus memantau perasaan mereka dan memikirkan perasaan mereka di setiap keadaan. Cara mereka melakukan dengan bertanya pada diri sendiri, bagaimana perasaan mereka pada keadaan tertentu. Dengan memantau diri, membuat mereka lebih sadar diri baik pada diri sendiri maupun perasaan orang lain.

10. Mereka Memahami Pentingnya Bahasa Tubuh

Orang dengan kecerdasan emosional selalu memperhatikan bahasa tubuh mereka sendiri untuk melihat bagaimana tubuh mereka bereaksi pada kehidupan di sekitar mereka. Jika mereka merasa sangat tegang karena sesuatu, mereka berfikir "apa artinya ini", dan "apa yang seharusnya saya lakukan?" Bahasa tubuh adalah alat ukur yang bagus untuk mempelajari tentang bagaimana mereka bisa benar-benar merasakan dan kemudian berlangsung dengan tindakan yang terbaik.

Baca Juga : 15 Ciri-ciri Orang Yang Memiliki Mental Kuat

Nah berikut 10 hal yang dilakukan oleh orang yang memiliki kecerdasan emosional. Saat ini apakah emosional kamu masih labil dan suka marah-marah tidak jelas? Semoga beberapa penjelasan di atas bisa menginspriasimu untuk menjadi pribadi-pribadi yang memiliki kecerdasan emosional.
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: