Wednesday 7 October 2015

9 Keuntungan Memiliki Bisnis Sampingan Saat Kuliah

Memiliki bisnis sampingan yang dijalankan di sela-sela kesibukan kuliah merupakan keasyikan tersendiri. Apalagi jika jadwal kuliahmu tak terlalu padat, maka mempunyai bisnis sampingan adalah keputusan tepat daripada kamu jadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang). Bisnis sampingan banyak ragamnya, tergantung dari kreativitas dan kemampuanmu. Tentunya, kamu bisa memilih yang paling sesuai buat kamu.

Contoh yang paling mudah adalah jualan pulsa, jual makanan ringan, baju, sepatu, kosmetik, dan lain-lain. Jika kamu memiliki kemampuan di bidang komputer, e-commerce, menulis, maupun lainnya juga bisa kamu jadikan peluang untuk menghasilkan uang sebagai bisnis sampingan saat kuliah. Serunya, kamu bisa dapatkan setidaknya 9 keuntungan memiliki bisnis sampingan saat kuliah, lho!

Baca Juga : 8 Cara Cerdas Mengelola Keuangan Untuk Anak Kos

Izwie akan berbagi informasi mengenai keuntungan yang bakalan kamu dapatkan jika kamu berhasil menjalankan bisnis sampingan saat kamu kuliah. Check this out, Guys!

1. Bebas Beli Gadget dan Item Fashion Terkini dari Kocekmu Sendiri

Keuntungan Memiliki Bisnis Sampingan Saat Kuliah
Saat kuliah, gadget keren dan outfit yang fashionable adalah sarana pendukung kamu untuk bisa jadi sosok yang up to date. Kalau gadget dan outfitmu masih mengandalkan dana ortu sih biasa banget, Guys! Yang keren itu kalau kamu bisa beli sendiri gadget keren dan item fashion dari hasil keringatmu sendiri. Hmm, siapa yang nggak bangga coba? Kece di luar, keren di dalam.

2. Kreativitas Bisnismu Akan Semakin Terasah

Keuntungan lainnya adalah kamu bisa mengasah kreativitasmu di bidang bisnis dengan lebih leluasa. Masa studi merupakan ajang untuk mencari pengalaman sebanyak-banyaknya supaya kamu punya bekal untuk menghadapi tantangan hidup selanjutnya. Oleh karena itu, manfaatkan bisnis sampinganmu sebagai sarana untuk melatih kreativitasmu supaya lebih terasah lagi.

3. Punya Banyak Relasi yang Tak Mungkin Dimiliki Temanmu yang Nganggur

Berbisnis, pasti melibatkan banyak orang. Baik itu pelanggan barang dan jasa yang kamu tawarkan, supplier, pihak ekspedisi (jika kamu berbisnis online), karyawan, partner bisnis, hingga teman-teman komunitas pengusaha yang kamu ikuti. Dengan memiliki bisnis, maka kesempatanmu untuk membangun jaringan atau relasi bisnis akan terbuka lebar. Ingat, itu adalah modal non finansial yang sangat penting untuk kamu miliki demi kelancaran karir dan bisnismu di masa mendatang. So, milikilah bisnis sampungan dan bangun network-mu!

4. Kaya Akan Pengalaman dalam Mencari Uang Bahkan Sebelum Lulus

Nah, yang ini sudah tidak diragukan lagi. Semakin banyak bisnis sampingan yang kamu geluti, maka kamu akan memiliki segudang pengalaman berharga dalam mencari uang bahkan sebelum lulus kuliah. Jadi, kamu bisa mandiri secara finansial sejak muda. Keren, kan?

5. Kamu Makin Pandai Memanajemen Keuangan dan Waktu

Memiliki bisnis sampingan, berarti kamu siap belajar lebih untuk memanajemen waktu dan keuanganmu secara matang. Kamu bisa melatih manajemen keuangan dan waktu ini lewat bisnis yang kamu geluti.

6. Kamu Bakal Punya Segudang Ide Bisnis yang Bisa Kamu Jalankan

Suatu saat, bisnis sampinganmu bisa jadi bisnis yang besar jika kamu mau menekuninya. Jadi, saat kuliah kam boleh mencoba banyak model bisnis, sehingga akmu punya kesempatan memilih apa bisnis yang akan kamu seriusi nanti. Bisa juga ide bisnis tersebut kamu “jual” kepada orang lain yang bisa menjalankannya.

7. Bingung Cari Kerja Pasca Lulus Kuliah? No Way!

Menganggur memang jadi masalah laten dari orang-orang yang baru lulus kuliah. Kamu tak perlu mengalaminya, karena kamu bsia langsung berbisnis saat kamu lulus sembari menani panggilan kerja.

8. Kamu Bisa Membantu Orang Lain untuk Memperbaiki Perekonomian Mereka

Saat kamu punya bisnis sampingan, kamu bisa membantu orang lain dengan mempekerjakan mereka sebagai karyawanmu. Jadi, kamu turut memberantas pengangguran dengan memiliki bisnis sampingan saat kuliah.

9. Nilai Plus di Mata Calon Pasangan & Calon Mertua :D

Punya bisnis memang keren, karen akamu sudah tidak perlu nodong ortu untuk sekedar jajan. Bahkan,a da yang bsia membiayai sendiri kuliahnya dari hasil bisnis sampingannya. So, kamu bakalan semakin kece di mata calon pasanganmu, bahkan calon mertuamu (ehm, ehm!).

Baca Juga : 7 Hal Yang Harus Dilakukan Agar Bisa Menjadi Mahasiswa Sukses

Itulah untungnya punya bisnis sampingan saat kuliah. Jangan malas berusaha, dan raih masa depan suksesmu sejak dini. Selamat berbisnis!
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 comments: