Thursday 22 October 2015

7 Resep Ajaib Yang Bisa Membuatmu Jadi Orang Sabar Di Situasi Buruk

Dunia kini semakin 'panas', membuat manusia rawan stress karena diterpa ujian hidup. Seseorang yang tidak bisa mengolah emosinya dengan baik, cenderung lebih cepat marah sehingga berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan ruhaninya. Kalau kamu termasuk orang yang sering mengalami stress karena studi maupun pekerjaan, sepertinya kamu perlu menuntaskan artikel dari Izwie berikut ini.

Situasi yang buruk seringkali datang tanpa diminta. Kita hanya bisa menghadapinya dengan sikap yang positif, supaya kita tidak ikut menjadi ‘panas’ ketika situasi buruk memuncak. Bersikap kalem akan membuatmu lebih baik dan tidak memperburuk keadaan. Pernah dengar slogan: Kalem aja, lanjut terus? Eit, bukan mau beriklan ya. Namun ada benarnya juga slogan tersebut saat kita menghadapi situasi sulit dalam kehidupan kita sehari-hari.

Nah, untuk membantumu agar bisa menjadi orang kalem saat menghadapi keadaan buruk, simaklah 7 resep ajaib dari Izwie berikut ini. Coba praktekkan, dan rasakan perubahan yang kamu alami setelah melakukannya. Yuk!

1. Tarik Nafas Dalam-dalam, Hembuskan Perlahan

7 Resep Ajaib Yang Bisa Membuatmu Jadi Orang Sabar Di Situasi Buruk
Tips pertama ini memang sudah umum, namun tidak ada salahnya kamu mencoba tips dasar ini. Menarik nafas dalam-dalam dan menghembuskannya perlahan akan mengalirkan oksigen ke otak dan jantung sehingga dapat menurunkan detak jantungmu yang sedang tidak stabil saat emosi. Ulangi 3-6 kali hingga kamu merasa tenang dan bisa berbicara dengan kepala dingin.

2. Ucapkan Istighfar (Bagi Muslim) dan Sebut Nama Tuhanmu dengan Lisan dan Hati

“Astaghfirullahal’adzim...” adalah kalimat positif yang secara ajaib akan membuatmu merasa tenang. Mengucap istighfar berarti kamu memohon ampun pada Allah Swt atas kesalahan yang mungkin kamu perbuat. Sebutlah nama Tuhan berulangkali, agar kamu mendapat perlindungan-Nya dari hal buruk yang akan menimpamu.

3. Basuhlah Muka, Lawan Api Emosi dengan Air

Membasuh muka atau berwudhu (bagi Muslim) adalah cara ampuh agar pikiranmu segar dan jernih. Air akan meresap di wajahmu dan memberikan efek dingin untuk meredam kemarahan dan kegundahanmu.

4. Ubah Posisimu! Bila Berdiri Duduklah, Bila Duduk Berbaringlah

Cara ini bisa membuatmu lebih rileks karena darah di kepala bisa turun, sehingga tingkat emosi menjadi stabil. Mengubah posisi duduk bisa mempercepat proses penenangan diri.

5. Pikirkan Hal-hal Positif yang Dapat Membuatmu Tenang

Bayangkan hal yang bisa membuatmu senang, sehingga energi positif bisa mendominasi pikiranmu. Pikiran yang positif bisa mengubah keadaaan sekitar juga ikut positif, kamu juga akan nampak tenang dan kalem jika pikiranmu tenang.

6. Tersenyumlah!

Senyuman adalah keajaiban yang bisa mengubah situasi buruk menjadi aman terkendali. Tentunya, jaga perasaan orang lain sehingga kamu tidak terkesan sedang mengejek orang atau tersenyum di saat yang tepat. Gunakan senyum jika memungkinkan untuk memperbaiki situasi yang kamu hadapi.

7. Kerjakan Perlahan, Jangan Tergesa-gesa!

Jika kamu sudah bisa mengendalikan diri, kerjakanlah hal yang perlu di selesaikan untuk mengubah keadaan yang lebih baik secara perlahan. Jangan pernah tergesa-gesa agar hasilnya lebih optimal. Tergesa-gesa hanya akan membuatmu panik dan bingung, sehingga bukannya selesai pekerjaanmu justru akan berantakan.

Itulah 7 cara dari Izwie yang bisa mengubahmu jadi orang kalem seburuk apapun situasi yang kamu hadapi. Mudah bukan? Janganlah terbawa emosi, karena hal itu sudah tentu tidak baik bagi dirimu dan orang-orang yang ada di sekitarmu. Berikan efek positif yang bisa mendatangkan kebaikan bagi sekitar. Okey?
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 comments: