Minggu, 18 Oktober 2015

7 Manfaat Ubi Jalar Yang Wajib Kamu Ketahui

Di Indonesia ubi jalar merupakan makanan yang mudah untuk didapatkan. Selain kaya akan manfaat untuk kesehatan, ubi jalar juga kerap dikonsumsi dengan berbagai cara, entah itu direbus, dibakar, dijadikan kripik dan masih banyak lagi.

Ubi jalar merupakan keluarga dari sayur-sayuran yang memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Lebih jelasnya berikut kandungan yang terdapat pada ubi jalar;

Kandungan ubi jalar/ 100gram:

  • Kalori (kcal) 85
  • Jumlah Lemak 0,1 g
  • Sodium 55 mg
  • Potasium 337 mg
  • Jumlah Karbohidrat 20 g
  • Serat pangan 3 g
  • Gula 4,2 g, Protein 1,6 g
  • Vitamin A 14.187 IU, Vitamin C 2,4 mg, Vitamin B6 0,2 mg
  • Kalsium 30 mg Zat besi 0,6 mg, Magnesium 25 mg
Lantas manfaat apa saja yang bisa didapat dari mengkonsumsi ubi jalar, berikut penjelasannya;

1. Kaya Akan Nutrisi

Ubi jalar merupakan makanan yang kaya akan beta karoten dan akan diubah menjadi vitamin A bila dikonsumsi, dengan begitu makanan ini merupakan pilihan yang bijaksana untuk kesehatan yang optimal. Vitamin A sangatlah penting untuk diet yang seimbang karena mampu mengatur dan memperbaiki pertumbuhan berbagai sistem dalam tubuh kamu termasuk menjaga kesehatan tulang.

2. Mampu Mengontrol Diabetes

Ubi jalar termasuk makanan dengan peningkatan gula darah dari karbohidrat yang cukup rendah ketika dikonsumsi oleh tubuh. Para peneliti juga menunjukkan bahwa ubi jalar perpotensi untuk menurunkan gula darah dan insulin dalam tubuh yang terjadi pada penderita diabetes. Disamping itu, tingginya serat juga membantu penderita diabetes tipe 1 dan 2 untuk menurunkan kadar glukosa darah, insulin dan menstabilkan lemak. Dalam satu ubi jalar berukuran sedang beserta dengan kulit-nya memiliki sekitar 6 gram serat.

Dan perlu kamu ketahui bahwa dalam tubuh pria harus memiliki jumlah harian 25 gram serat dan sekitar 35 gram serat harian untuk wanita.

3. Membantu Mengatur Pencernaan

Karena ubi jalar termasuk makanan yang tinggi akan serat, maka sangat ideal untuk mengatur sistem pencernaan agar tetap sehat dan sangat memungkinkan untuk mencegah sembelit. Kandungan magnesium dalam ubi jalar juga mampu menjaga sistem pencernaan agar berjalan dengan lancar.

4. Membatu Mencegah Maag

Tidak hanya mampu menjaga sistem pencernaan, ubi jalar juga baik bagi penderita maag. Hal itu karena kandungan vitamin B-Kompleks, beta karoten, vitamin C, kalsium dan potasium dalam ubi jalar mampu mencegah dan menyembuhkan sakit maag.

5. Mampu Mencegah Artritis

Artritis adalah peradangan pada persendian yang disertai dengan rasa sakit. Ubi jalar merupakan makanan yang mampu memerangi artritis karena mengandung beta karoten, magnesium dan vitamin B-Kompleks. Dan perlu kamu ketahui bahwa air hasil rebusan ubi jalar dapat digosokkan pada persendian untuk mengurangi rasa sakit yang terkait dengan penyakit artristis.

6. Mampu Mencegah Kanker

Menurut hasil penelitian, anak-anak muda perlu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung beta-karoten agar terhindar dari penyakit kanker prostat. Selain itu, beta-karoten juga mampu mencegah kanker usus besar.

7. Memperbaiki Penglihatan

Jika berhubungan dengan penglihatan pasti kita akan tertuju pada wortel yang mengandung vitamin A. Namun kamu juga harus tahu, kandungan beta-karoten pada ubi jalar juga mampu memulihkan penglihatan. Disamping itu, kandungan antioksidan, vitamin E dan C yang terdapat pada ubi jalar juga terbukti mampu meningkatkan kesehatan mata dan mengurangi resiko degeneratif (penuaan dini).

Kapan terakhir kali kamu makan ubi jalar? Sekarang kamu sudah tahu manfaat ubi jalar untuk kesehatan, sempatkan untuk mengkonsumsinya ya agar mampu menjaga kesehatan. Semoga bermanfaat...
TAGS
#Kesehatan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: