Kamis, 17 September 2015

8 Tips Seru Untuk Merencanakan Liburan Agar Lebih Menyenangkan

Liburan merupakan kegiatan yang paling diidam-idamkan hampir semua orang yang jenuh dengan rutinas sekolah, kuliah atau kerja. Liburan yang menyenangkan tentu dapat membuat tubuh lebih rileks dan mengembalikan semangat untuk melaksanakan rutinitas. Tentu saja untuk mendapatkan liburan yang menyenangkan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Apa saja sih yang harus dipersiapkan sebelum berlibur? Yuk simak!

1. Tentukan Tempat Tujuan

Tentukan Tujuan Wisata
Hal yang sangat penting dalam merancanakan sebuah agenda liburan yaitu menentukan tempat tujuan. Jika kamu akan mengajak teman, keluarga, atau kekasih hati, sebaiknya mintalah pendapat mereka untuk menentukan destinasi wisatamu. Kamu juga bisa memanfaatkan google maps untuk mencari lokasi mana yang pas untuk didatangi.

2. Pilih Waktu Yang Tepat

Waktu adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan sebelum berlibur. Jika tidak ada waktu libur yang panjang, kamu bisa memanfaatkan akhir pekan untuk berlibur. Walaupun hanya bisa berlibur ke tempat terdekat, setidaknya kamu dapat membuat badanmu rileks. Jika menginginkan liburan yang lama, pilihlah waktu yang dimana kamu mendapatkan jatah libur panjang dari sekolah, kampus, maupun tempat kerjamu. Cocokkan pula jadwalmu dengan jadwal orang-orang yang akan kamu ajak berlibur ya.

3. Perkirakan Biaya

Perkirakan Biaya
Biaya tentu saja menjadi salah satu faktor yang dapat membantu mensukseskan rencana liburanmu. Cobalah untuk memperkirakan seluruh biaya yang akan kamu keluarkan. Buatlah sedetail mungkin, sehingga kamu akan mendapatkan gambaran kebutuhan biaya untuk berlibur. Setelah yakin dengan perkiraan biaya tersebut, kalkulasikan seluruhnya dan itulah jumlah yang harus kamu miliki untuk mendapatkan liburan menyenangkan.

Baca Juga : 14 Alasan Kenapa Traveling Bisa Menjadi Faktor Pendukung Kesuksesan

4. Menabung

Menabung
Setelah mengetahui tempat tujuan berlibur
dan perkiraan biaya yang harus dikeluarkan, maka kamu harus mulai mempersiapkan dana khusus. Menabunglah serajin mungkin untuk memenuhi biaya yang dibutuhkan. Bila perlu buatlah rekening tabungan khusus jika liburan yang direncanakan masih lama.

5. Tentukan Alat Transportasi

Tentukan Alat Transportasi
Kamu akan sangat menentuknl alat transportasi untuk menunjang kegiatanmu selama berlibur. Tentukanlah alat transportasi apa yang akan kamu pakai. Sesuaikan juga kapasitas alat transportasi pilihanmu dengan jumlah orang yang ikut berlibur bersamamu.

6. Tempat Penginapan

Tempat Penginapan
Jika destinasi wisatamu berada di luar kota bahkan negara, carilah tempat penginapan yang strategis namun berbiaya sesuai dengan dana yang tersedia. Jangan memaksakan menyewa tempat penginapan yang mahal, semampunya saja yang penting kamu memiliki tempat tinggal selama di tempat liburan. Untuk mempermudah pencarian, kamu bisa mencarinya di internet.

7. Konsumsi

Konsumsi
Merencanakan pengadaan konsumsi sangat disarankan untuk mencegah kekurangan makanan atau keterlambatan makan karena tempat yang akan didatangi penuh atau tutup. Carilah tempat makan yang direkomendasikan di tempat wisatamu nanti. Minta daftar menu dan harga, jika perlu kamu membooking beberapa meja untukmu dan rekan liburanmu untuk mencegah hal-hal buruk yang bisa terjadi, misal tempat makan dipenuhi pengunjung sehingga kamu dan rekanmu tidak mendapat meja.

8. Tentukan Barang Bawaan

Tentukan Barang Bawaan
Inilah rutinitas sebelum liburan yang juga penting untuk dilakukan jauh hari sebelum hari berlibur tiba. Kamu harus membuat daftar apa saja barang yang harus kamu bawa. Buatlah pos-pos berbeda, mulai dari kelengkapan pribadi, p3k, hingga cemilan. Tapi, jangan berlebih ya! Karena jika terlalu banyak barang bawaan maka akan merepotkanmu juga.

Baca Juga : 15 Aturan Kesopanan Tak Tertulis Yang Harus Kamu Ketahui & Patuhi

Berlibur adalah momen yang sangat menyenangkan, saat dimana kamu membiarkan badan dan pikiranmu tenang serta terlepas dari semua kepenatan rutinitas. Maka dari itu, sangat amat harus dipersiapkan dengan matang agar liburan impian yang kamu idamkan tidak berakhir mengenaskan. Bukannya santai malah stress yang didapat. Selamat mencoba tips-tipsnya ya! Semoga rencana liburanmu berhasil!

Penulis : Desri M Ari 
TAGS
#Tips #Wisata
Direkomendasikan Untuk Anda :

2 komentar:

  1. mantaapppsss nih tips nya :D
    setujuuu~

    BalasHapus
  2. iyah nih betul juga,,kalo mau liburan bener2 harus dipikir dl dan di planning dl ..

    BalasHapus