Senin, 31 Agustus 2015

12 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Selepas Resign Dari Perusahaan

Ada begitu banyak hal yang terjadi di dunia ini, termasuk di dunia kerja. Seringkali kita merasa tidak nyaman bekerja karena berbagai alasan. Mulai dari lingkungan kerja yang tidak mendukung, konflik dengan rekan kerja, bos yang galak, upah yang tak sesuai dengan kerjaan, beban kerja yang terlalu berat, dan sebagainya. Alasan-alasan itu membuatmu berpikir untuk segera resign dari pekerjaanmu.

Resign atau keluar dari pekerjaan sudah menjadi hal biasa di dunia kerja. Meskipun saat ini mencari kerja terbilang sulit, namun menemukan pekerjaan yang bagus dan pas di hati juga tidak kalah sulit. Bahkan ada yang rela untuk 'menderita', bertahan bekerja di perusahaan karena takut tidak akan mendapat pekerjaan lagi setelahnya. Tentunya, hal ini tidak benar. Sebab, di luar sana banyak peluang yang bisa kamu kerjakan setelah resign nanti.

Tidak percaya? Bacaah 12 hal yang bisa kamu kerjakan setelah resign dari Izwie berikut ini. Semoga terinspirasi!

1. Relaksasi

Relaksasi
Setelah penat dengan pekerjaanmu, mungkin hal pertama yang kau butuhkan adalah relaksasi. Kamu bisa berdiam diri di rumah atau refreshing ke suatu tempat untuk menenangkan pikiranmu. Biasanya, setelah resign orang cenderung labil, seperti tidak ada yang ingin dikerjakan. Ambil waktumu dan lakukan relaksasi agar badan serta fikiranmu jadi fresh lagi.

2. Ambil Waktumu Untuk Berlibur Panjang

Senada dengan relaksasi, ambil libur panjang untuk membuat dirimu siap menghadapi hidup baru pasca keluar dari perusahaan. Semasa kerja, kamu mungkin jarang mendapat libur panjang, sehingga waktumu untuk berwisata terbatas. Gunakan waktu luangmu ini untuk menyambangi tempat-tempat wisata yang sejak lama ingin kamu datangi. Rekreasi akan membuat ide-ide di kepalamu berkembang dan kamu siap berkarya lagi.

3. Berpikir Tentang Hidup

Berpikir Tentang Hidup
Saat relaksasi maupun liburan, ambil waktu untuk benar-benar sendirian, lalu pikirkanlah hidupmu masak-masak. Untuk apa kamu hidup? Apa yang akan kamu kerjakan dalam hidup? Apa yang kamu cari dalam hidup? Pertanyaan-pertanyaan itu akan membantumu untuk menentukan langkahmu selanjutnya.

4. Menghitung Tabunganmu dengan Cermat

Menghitung Tabunganmu dengan Cermat
Sepele, namun penting ni sobat Izwie. Memang, uang bukan segalanya, namun kamu akan hidup selamat jika dapat mengelola uangmu dengan baik. Selepas resign, pastikan kamu punya cukup tabungan untuk hidup sehari-hari, minimal untuk tiga bulan kedepan. Sisihkan budget khusus liburan, sehingga keuanganmu tetap stabil pasca resign. Lebih bagus lagi kalau kamu menyiapkan modal untuk berwirausaha dari tabunganmu, jika kamu ingin terjun menjadi entrepreneur.

5. Daripada Bengong, Browsing Internet Aja!

Daripada Bengong, Browsing Internet Aja!
Daripada bengong, manfaatkan gadgetmu untuk browsing hal yang bermanfaat seperti membaca artikel, mencari peluang bisnis, dan lain-lain. Browsing internet juga bisa jadi alternatif kalau kantongmu cekak sehingga kamu nggak bisa liburan ke mana-mana.

6. Do Your Hobby

Do Your Hobby
Hobby adalah kegiatan non profit yang bisa kamu tekuni di waktu luangmu. Sekarang, kamu punya waktu lebih untuk melakukan hobby yang kamu senangi. Bahkan, jika kamu jeli dengan peluang, maka hobi kamu bisa jadi lahan bisnis yang menguntungkan lho!

Baca Juga : Cara Mengubah Kebiasaan Buruk Menjadi Penghasilan

7. Membantu Orang Tua

Kedengarannya mudah, namun aslinya sulit banget lho melakukan kegiatan ini. Hayo, ngaku aja deh. Kamu pasti selalu bilang sibuk kerja kalau disuruh bantu orang tua. Nah, sekarang kamu bisa bantu ortumu  tanpa banyak alasan lagi. Siapa tahu, dengan kebaikanmu itu justru akan membukakan pintu rezeki buat kamu, entah itu berupa pekerjaan baru maupun bisnis yang maju. Siap?

8. Menulis Pengalaman Hidupmu

Menulis Pengalaman Hidupmu
Bekerja di sebuah perusahaan tentunya menyisakan cerita yang bisa jadi motivasi bagi orang lain. Jika kamu peduli dengan hidup orang lain, tuliskan pengalaman hidupmu entah itu positif maupun negatif dalam sebuah artikel blog. Pengalaman hidupmu bisa jadi pelajaran bagi orang lain agar tidak mengulangi kesalahan yang sama, atau mengambil inspirasi positif dari cerita yang kamu tulis.

9. Menjadi Relawan

Menjadi Relawan
image: greenpeace.com

Kalau kamu memiliki jiwa sosial yang tinggi, jadilah relawan untuk kegiatan-kegiatan non profit yang diadakan oleh NGO atau komunitas. Bisa berupa jadi relawan mengajar, bencana alam, membuat rumah baca, atau yang lainnya. Jadilah orang yang berguna untuk kebaikan hidupmu sendiri.

Baca Juga : 10 Hal Sederhana Yang Bisa Bermanfaat Untuk Orang Lain

10. Bertemu Teman-teman

Saat sibuk kerja, kamu hanya bisa menghubungi temanmu lewat media sosial atau aplikasi chatting. Cobalah untuk janjian dengan teman, bertukar pikiran dan menciptakan peluang saat ngobrol bareng teman. Jangan malah membatasi diri karena minder sekarang kamu tidak bekerja. Jadikan momen ini untuk membangun relasi yang pasti akan sangat berguna di kemudian hari.

11. Cari Peluang Wirausaha

Cari Peluang Wirausaha
Nah, buat kamu yang keluar dari perusahaan karena ingin membangun bisnis sendiri, kamu bisa mulai mencari peluang usaha yang cocok untuk dikembangkan di daerahmu. Atau, kamu bisa mulai bisnis online yang sekarang ini marak dijalankan oleh orang-orang di manapun berada.

Baca Juga : 7 Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Harus Meminjam Bank

12. Cari Lowongan Pekerjaan

Kalau kamu tidak mau mengambil resiko berwirausaha, jalan terakhir yang bisa kamu lakukan selepas resign adalah mencari lowongan pekerjaan baru yang sesuai denganmu. Dengan pengalaman yang sudah kamu miliki, usahakan tidak mengambil pekerjaan yang tidak sesuai dengan skill dan minatmu ya. Supaya kamu tidak bolak-balik resign.

Nah, itulah hal-hal yang bisa kamu kerjakan setelah 'merdeka' dari pekerjaanmu. Jangan terlalu lama menyiksa diri dengan bekerja di tempat yang tidak kamu senangi. Jalani passionmu, dan dapatkan hidup yang sesungguhnya dari apa yang kamu senangi. Okey, Guys?
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: