Monday 24 August 2015

7 Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Saat Berbelanja Online

Belanja online bukan sesuatu yang asing lagi di era digital seperti sekarang ini. Apalagi buat anak muda yang sehari-hari memegang gadget. Cukup duduk manis, utak-atik smartphone di tangan, barang yang kita inginkan diantar deh ke rumah kita. Mudah, praktis, dan hemat.

Meskipun begitu, banyak orang yang masih ragu belanja online. Tidak lain karena adanya oknum pedagang online yang berbuat curang. Mulai dari tidak mengirim barang pesanan, mengirim barang yang tidak sesuai dengan gambar yang dipajang, serta tindakan lain yang merugikan konsumen. Hal ini tentunya mengurangi kepercayaan konsumen yang berbelanja di toko online.

Namun, tidak semua toko online bertindak curang ya, Sob. Banyak juga kok penjual online yang dapat dipercaya, sehingga kamu merasa aman dan nyaman saat berbelanja. Ketika kamu hendak berbelanja online, ketahui 7 hal yang harus kamu perhatikan saat berbelanja online.

1. Belanja di Toko Online Terpercaya

Belanja di Toko Online Terpercaya
Kini, kamu bisa berbelanja online di banyak mall online yang terpercaya. Mall online seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan sebagainya adalah marketplace yang mewadahi para penjual online untuk memajang barang dagangannya.

Karena market place tersebut sudah punya 'nama', tentunya mereka telah mendapatkan kepercayaan konsumen. Apalagi dengan sistem toko yang terorganisir dengan baik, fasilitas rekber (rekening bersama) dan jaminan uang kembali, kamu bisa belanja aman dan nyaman di marketplace terpercaya ini, Sob!

Jangan lupa untuk membaca tata cara belanjanya ya, karena tiap marketplace memiliki syarat dan ketentuannya sendiri.

2. Pilih Trusted Seller Bergaransi

Selain memilih belanja di marketplace, kamu juga harus teliti dalam memilih penjual. Jika mungkin, pilihlah trusted seller yang memberikan garansi untuk barang-barang yang mereka jual. Trusted seller ini biasanya ditandai dengan label yang menyatakan mereka memang terpercaya, atau melalui review dan testimoni dari pelanggan yang merasa puas dengan layanan mereka.

Baca Juga : 9 Cara Aman Belanja Online Yang Perlu Diketahui

3. Teliti Sebelum Check Out

Teliti Sebelum Check Out
Saat berbelanja, selalu gunakan prinsip teliti sebelum membeli. Baca keterangan produk, harga, jumlah produk yang akan kamu beli, dll. Intinya, sebelum melakuakan check out, telitilah barang yang akan kamu bayarkan. Okey?

4. Pilih Metode Pembayaran yang Sesuai

Pilih Metode Pembayaran yang Sesuai
Berbelanja online tidak lepas dari pembayaran melalui transfer bank, kartu kredit, maupun sistem pembayaran online lainnya. Pastikan kamu memiliki akses untuk membayar belanjaanmu. Pilihlah yang termudah dan tentunya aman. Jangan lupa untuk konfirmasi pembayaran setelah kamu melakukan transfer ya!

5. Gunakan Jasa Pengiriman Terpercaya

Jasa Pengiriman Terpercaya
Selain pembayaran, selalu gunakan jasa pengiriman barang yang terpercaya dan menjangkau alamat pengirimanmu. Pilih yang biasa kamu gunakan denan ongkir termurah. Jika butuh cepat, kamu bisa menggunakan ekspedisi kilat sehari sampai.

6. Jangan Tergiur Harga Murah

Tergiur Harga Murah
Saat belanja online, kita sering tergiur harga barang murah atau diskon gila-gilaan. Jangan mudah terpengaruh, barang bagus dan berkualitas tentu hargana sesuai, kan? Waspada produk palsu atau seller nakal yang akan membuatmu rugi sendiri.

7. Gunakan Alamat Pengiriman yang Jelas

Alamat Pengiriman yang Jelas
Nah, yang perlu diingat, selalu gunakan alamat pengiriman yang jelas. Alamat yang sulit dijangkau akan membuat kurir bingung dan barangmu tidak sampai. Kalau memang rumahmu terpencil, kirimlah ke alamat yang mudah dijangkau seperti di rumah saudaramu yang bisa kamu percaya.

Baca Juga : 9 Tips Menghemat Belanja Dapur Anda

Nah, itulah 7 hal yang harus kamu perhatikan saat berbelanja online, Guys. Saat kita waspada, tentunya hal-hal yang tidak diinginkan tidak akan menimpa kita. So, jangan ragu lagi untuk berbelanja online ya, Sobat Izwie. Manfaatkan kemudahan teknologi yang ada sekarang ini dengan bijak. Selamat mencoba!
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 comments: