Minggu, 12 Juli 2015

10 Cara Terbaik Untuk Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Masa remaja merupakan masa yang sering dihantui dengan permasalahan jerawat pada wajah maupun kulit. Pada saat itulah kita akan berjuang dengan berbagai cara agar bisa mengatasi berbagai permasalahan jerawat. Permasalahan jerawat pada masing-masing individu memang berbeda-beda karena memiliki jenis kulit yang berbeda pula. Ada yang menderita jerawat kistis (parah) karena kulit mereka cukup sensitif dan ada yang biasa-biasa saja.

Ketika kamu mengalami permasalahan jerawat, solusi apakah yang akan kamu lakukan? Apakah kamu akan mengatasinya dengan berbagai cara termasuk dengan bahan-bahan kimia yang bisa membahayakan kulit? Jika tidak, di sini Iziwe akan memberikan informasi tentang 10 cara terbaik untuk menghilangkan jerawat secara alami dan tentu saja bahan-bahan alami ini juga mampu merawat wajah atau kulit agar terhindar dari jerawat.

1. Perawatan Jerawat Dengan Tidak Menyentuhnya

Perawatan Jerawat Dengan Tidak Menyentuhnya
Ketika tangan sering bersentuhan dengan berbagai cara, tentunya bakteri akan banyak menempel pada tangan. Untuk itu, sebisa mungkin untuk tidak mengentuh wajahmu, baik oleh dirimu sendiri maupun orang lain agar tidak berisiko terkena infeksi yang menyebabkan jerawat bertambah banyak.
Catatan : jika memang dirasa wajah terasa gatal atau tidak nyaman akibat jerawat, sebaiknya gunakan es atau uap air. Kalaupun tidak pastikan kalau tanganmu sudah benar-benar bersih, karena tangan bersihpun juga masih beresiko.

2. Menghilangkan Jerawat Dengan Uap Air

Menghilangkan Jerawat Dengan Uap Air
Ketahui bahwa uap air merupakan cara yang afektif untuk perawatan jerawat. Hal itu terjadi karena uap air mampu membersihkan kotoran dan debu tanpa menggunakan sabun atau bahan kimia.
Cara Penggunaan : Taruh air yang panas pada wadah baskom, kemudian arahkan wajahmu pada uap air tersebut selamat lima atau sepuluh menit.

Catatan : Ketika melakukan metode ini, lindungi rambutmu menggunakan handuk agar tidak basah dan hendaknya menggunakan baskon yang tidak terbuat dari bahan plastik. Selain itu, jangan sampai terlalu dekat dengan uap air (cukup dirasa hangat dan nyaman), bahkan jangan sampai merendam wajah karena bisa beresiko kulit melepuh.

3. Mengatasi Jerawat Dengan Es

Mengatasi Jerawat Dengan Es
Salah satu penyebab gejala utama jerawat adalah peradangan, menggunakan es merupakan metode yang efektif untuk mengurangi ketidaknyaman akhibat jerawat yang menyakitkan. Jerawat bisa membuat kulit kita menjadi bengkak, sehingga es dapat mengurangi peradangan tersebut seperti halnya pada saat mengurangi pembengkakan pada saat cidera.
Cara Penggunaan : Bungkuslah es batu dengan kain lembut, kertas atau handuk. Setelah itu tempelkan pada jerawat yang mengalami pembengkakan.

Catatan : Jangan langsung gunakan es pada kulit karena bisa menyebabkan radang dingin.

4. Menghilangkan Jerawat Dengan Madu

Menghilangkan Jerawat Dengan Madu
Tentu saja madu merupakan bahan alami yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Madu memiliki antibakteri alami yang bersifat probiotik. Dengan begitu madu dapat merawat dan menghilangkan jerawat secara alami.
Cara Penggunaan : Bilas wajahmu dengan air hangat, kemudian ambil madu secukupnya dan usapkan pada wajah. Setelah merata biarkan selama 10 menit atau lebih. Jika dirasa cukup bilas kembali dengan air hangat. Lakukan hal ini setiap hari, bisa di pagi hari atau menjelang tidur dan rasakan perubahanya.

Catatan : Usahakan untuk menggunakan madu murni agar kamu bisa benar-benar merasakan efeknya. Dan ketahui bahwa madu tidaklah efektif jika digunakan untuk menghapus riasan, jadi yang terbaik untuk melakukan metode ini pada saat rutinis pagi atau menjelang tidur.

5. Menghilangkan Jerawat Dengan Lemon

Menghilangkan Jerawat Dengan Lemon
Lemon merupakan zat alami yang baik untuk merawat kulit. Selain itu lemon juga mudah untuk didapatkan.
Cara Penggunaan: Buatlah lemon menjadi jus atau di peras dan dimasukkan ke dalam mangkuk kecil. Jika sudah celupkan bola kapas dan oleskan pada jerawat yang selama ini mengganggumu.

6. Menghilangkan Jerawat Dengan Mentimun

Menghilangkan Jerawat Dengan Mentimun
Mentimun memang berkhasiat untuk menghilangkan jerawat. Hal itu dibenarkan karena mentimum mengandung zat-zat yang mampu menghilangkan racun. Selain itu mentimun juga mengandung antioksidan, mineral, vitamin C, asam amino, dan air.
Cara Penggunaan: Menghilangkan jerawat dengan mentimun bisa dengan membuatnya menjadi jus kemudian dipakai untuk masker pada wajah. Untuk cara yang praktis bisa membelah mentimun tipis-tipis kemudian ditempelkan pada bagian wajah atau kulit yang berjerawat.

Catatan: Lakukan dengan rutin ketika menjelang tidur atau ketika sedang bersantai dan rasakan dampak baiknya.

7. Menghilangkan Jerawat Dengan Tomat

Menghilangkan Jerawat Dengan Tomat
Tomat merupakan buah yang memiliki banyak manfaat untuk wajah atau kulit. Buah tomat bisa bermanfaat untuk mengatasi pori-pori yang membesar, menghilangkan komedo maupun jewarat, mengatasi wajah yang berminyak dan mengatasi berbagai masalah lain pada wajah.
Cara Penggunaan: Cucilah tomat, kemudian jadikan menjadi jus dan gunakan untuk masker pada wajah. Cara termudah bisa membelah tomat, kemudian usapkan langsung pada wajah, diamkan selama 10 menit atau lebih. Jika sudah bilas dengan air hangat.

Catatan: Lakukan metode ini secara rutin agar kamu bisa benar-benar merasakan manfaatnya.

8. Menghilangkan Jerawat Dengan Lidah Buaya

Menghilangkan Jerawat Dengan Lidah Buaya
Tanaman lidah buaya tidak hanya baik digunakan untuk kesehatan rambut dan mengobati luka bakar. Tapi lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengatasi iritasi, mengurangi peradangan dan pembengkakan akibat jerawat. Hal itu terjadi karena lidah buaya mengandung zat seperti gel yang mampu melembabkan kulit dan memungkinkan kulit untuk menyembuhkan dirinya sendiri.
Cara Penggunaan: Isir atau patahkan tanaman lidah buaya, setelah keluar gelnya usapkan pada bagian wajah atau kulit yang berjerawat.

Catatan: Sebelum mengoleskan lidah buaya, sebaiknya bersihkan wajah dengan air hangat terlebih dahulu.

9. Menghilangkan Jerawat Dengan Perbanyak Minum Air Putih

Menghilangkan Jerawat Dengan Perbanyak Minum Air Putih
Tubuh kita terdiri dari air dalam jumlah sekitar 60%. Meminum air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh merupakan cara yang efisian agar tubuh terus terhidrasi. Karena penderita jerawat adalah orang-orang yang memiliki kadar gula dan lemak berlebih dalam tubuh, dibutuhkan asupan air putih agar bisa menetralisirnya. Dengan mengkonsumsi air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh bermanfaat untuk melembabkan kulit dan mengatasi masalah jerawat.

Baca Juga : 14 Tanda Kalau Tubuhmu Sedang Kekurangan Air Mineral

10. Menghilangkan Jerawat Dengan Berwudhu

Wudhu merupakan aktifitas orang muslim sebelum melakukan solat. Salah satu tata cara berwudhu adalah membilas wajah. Jika hal ini dilakukan secara rutin setiap hari sebelum sholat lima waktu, bukan tidak mungkin kulit wajahmu akan terus bersih.
Catatan: Menghilangkan jerawat secara alami adalah salah satu manfaat yang menakjubkan dari berwudhu, jadi jangan sampai ketinggalan sholat lima waktumu ya agar kamu bisa rutin untuk berwudhu.

Berikut 10 cara terbaik untuk menghilangkan jerawat secara alami. Jika kamu memiliki rekomendasi lain, silahkan berbagi dengan melakukan komentar ya :)
TAGS
#Kesehatan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: