Selasa, 02 Juni 2015

Inilah, 14 Tanda Kalau Tubuhmu Sedang Kekurangan Air Mineral

Ketika kita sedang kehausan, banyak cara untuk mengatasi rasa tersebut. Diantaranya dengan meminum es, soda dan berbagai jenis minuman lainnya. Sayangnya jika kita sering salah dalam memilih minuman, bukan tidak mungkin akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita.

Jika kita mau berfikir sehat, sebenarnya dengan hanya meminum air putih atau air mineral, bisa lebih memuaskan jika dibandingkan dengan meminum kopi atau sekaleng soda. Sayangnya, tubuh kita lebih sering kekurangan air mineral tanpa kita sadari. Yang terjadi, kita lebih sering terkena gangguan kesehatan.

Agar gangguan kesehatan akibat kekurangan air mineral tidak semakin parah, sudah seharusnya kamu mengetahui tanda-tanda jika tubuh kekurangan air putih seperti pada penjelasan di bawah ini:

1. Kamu Merasa Letih & Lesu

Kamu Merasa Letih & Lesu
Ketika tubuh mengalami dehidrasi, secara langsung tubuh akan mengambil air dari darahmu. Dengan begitu tubuh akan mengalami kekurangan oksigen dan mengakibatkan tubuh menjadi lemas. Seringnya, kekurangan stamina ini akan kamu rasakan ketika jam 2 siang dan ingat, kopi tidak akan membantu dalam jangka panjang. Selain kopi, sudah seharusnya kamu memperhatikan kebutuhan air mineral dalam tubuhmu.

2. Mulutmu Terasa Kering

Mulutmu Terasa Kering
Hal ini tampaknya cukup jelas, walaupun tidak semua mulut kering selalu menjadi pemicu kalau kita sendang kekurangan air mineral. Yang jelas ketika mulut terasa lengket dan kering, kita akan meraih semacam cairan untuk mengatasinya.

Penting untuk kamu ketahui, bahwa meminum minuman manis hanya solusi sementara untuk masalah yang lebih besar. Sudah seharusnya kamu meminun air mineral agar selaput lendir di mulut dan tenggorokan terus terjaga.

3. Kulitmu Akan Kering

Kulit merupakan organ terbesar pada tubuhmu, tentunya itu sangat perlu untuk tetap terhidrasi. Ketika kulitmu terasa kering, hal itu merupakan salah satu tanda bahwa tubuhmu sedang mengalami dehidrasi (kekurangan cairan), dan bisa menyebabkan masalah yang jauh lebih besar jika terus dibiarkan. Kekurangan air berarti kekurangan keringat, yang berakibat pada ketidakmampuan tubuh untuk membersihkan kotoran dan minyak berlebih sepanjang hari. Jadi, jika kulitmu ingin tetap terhidrasi dan ingin mencegah jerawat, jalan pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan meminum air sesuai dengan kebutuhan tubuhmu.

4. Kamu Merasa Terlalu Haus

Tentunya kamu juga sudah memahami bahwa ketika haus, sudah pasti bahwa kamu sedang dilanda kekurangan air putih. Namun kamu juga harus tahu, ketika kamu bangun dari tidur dan merasa sangat haus dengan mulut terasa kering dan lengket. Itu pertanda bahwa saat beraktivitas kemarin, tubuh kamu tidak mendapatkan air secara cukup.

5. Matamu Akan Kering

Cukup jelas dan masuk akal, bahwa kekurangan air minum dapat mempengaruhi lebih dari sekedar mulut dan tenggorokan. Kurangnya asupan air juga bisa menyebabkan mata menjadi kering. Tubuh tanpa asupan air yang cukup bisa membuat saluran air mata kamu menjadi kering. Jika kamu berfikir "bagaimana jika aku tidak bisa menangis?", tentunya itu bisa lebih membahayakan mata kamu, terutama bagi kamu yang memakai lensa kontak setiap hari.

6. Tulangmu Akan Sakit

Tulangmu Akan Sakit
Tulang rawan dan tulang belakang cakram kita terdiri dari sekitar 80% air. Ini adalah kebutuhan mutlak untuk menjaga tulang kita dari bergesekan satu sama lain pada setiap langkah yang kita ambil. Dengan menjaga tubuhmu agar tetap terhidrasi, kamu bisa memastikan bahwa sendi-sendimu dapat menyerap kejutan dari gerakan tiba-tiba, seperti berlari, melompat dan pergerakan lainnya.

Walaupun kamu tidak sering bergerak, kekurangan air juga dapat membuat tulang punggungmu menjadi sakit.

7. Otot-mu Akan Nyeri

Selain tulang, sebagian besar otot-ototmu juga terdiri dari air. Cukup jelas sekali, jika tubuh kekurangan air akan membuat massa otot menjadi berkurang. Minum air sebelum, selama, dan setelah melakukan aktivitas tidak hanya membuat kamu tetap terhidrasi dan nyaman, itu juga membawa air ke tempat yang tepat dalam tubuhmu, dan mengurangi kemungkinan mengembangkan peradangan dan nyeri otot yang terkait dengan latihan dan angkat besi.

8. Kamu Akan Sering Sakit

Air putih, selain berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh juga berfungsi untuk membantu eskresi ginjal serta dapat membuang racun dalam tubuh. Ketika tubuh sering kekurangan air putih, tentunya akan membuat menghambat pencernaan dalam tubuh dan membuat tubuhmu sering bermasalah.

9. Kamu Merasa Lapar

Ketika kamu mengalami dehidrasi, tubuhmu mungkin mulai berpikir itu membutuhkan makanan. Hal ini terjadi sepanjang hari, dan ketika bangun ditengah malam kamu berkeinginan untuk memakan makanan ringan. Namun, makan menciptakan lebih banyak pekerjaan lagi bagi tubuhmu, sedangkan minum dapat memurnikan cairan, organ tubuh dan makanan yang dibutuhkan untuk pergi dari tubuhmu dengan seharusnya.

10. Kamu Mengalami Masalah Pencernaan

Sudah kita bicarakan di atas, tentang mulut, kerongkongan dan fungsi dari air mineral untuk tubuh dan bagaimana menjaga terhidrasi memungkinkan membran berfungsi dengan benar. Ini juga berlaku untuk seluruh sistem pencernaan. Tanpa asupan air yang tepat, jumlah dan kekuatan lendir di lambung akan berkurang dan memungkinkan asam lambung untuk melakukan beberapa kerusakan besar pada perutmu. Hal ini menyebabkan yang sering kita sebut dengan mulas dan gangguan pencernaan.

11. Kamu Mengalami Sembelit

Sudah cukup jelas, bahwa air dapat memperlancar sistem pencernaan. Selama proses dehidrasi, usus besar akan menggunakan air untuk melakukan langkah berikutnya saat proses pencernaan. Tanpa harus membahasnya secara detail, tentunya kekurangan cairan dalam tubuh sangat memungkinkan menjadi salah satu faktor dari sembelit.

12. Kamu Jarang Kencing

Percaya atau tidak, jika kamu tidak ke kamar kecil 4-7 kali dalam sehari, kamu mungkin tidak meminum air secara cukup. Dan ketika kamu pergi ke kamar kecil dan warna air kencing kamu berwarna kuning pekat. Menandakan bahwa tubuhmu mengalami kekurangan air. Dalam kasus ekstrim, dehidrasi dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dan dibutuhkan penanganan dokter dengan segera.

13. Kamu Mengalami Penuaan Dini

Seperti pada poin nomor 3, dehidrasi dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Jika hal itu terus menerus berlangsung dalam kehidupanmu, bukan tidak mungkin kamu akan mengalami penuaan dini karena kelembaban kulitmu menjadi berkurang.

14. Kamu Membaca Poin Nomor 14 Ini

Orang-orang yang selalu terhidrasi, dalam kesehariannya selalu ditemani dengan segelas atau sebotol minuman. Baik itu ketika bekerja, jalan-jalan, menonton TV dan aktivitas-aktivitas lainnya. Dan jika kamu saat ini tidak ditemani dengan segelas atau sebotol air minum, sudah pasti kamu sering mengalami kekurangan asupan air putih. Ketika kamu memulai berselancar di internet, menemukan artikel ini dan membaca hingga poin no 14, sudah tentu kamu merasa cukup haus dan menjadi pertanda bahwa tubuhmu sedang kekurangan air mineral.

Baca Juga : 12 Manfaat Minum Air Hangat Yang Jarang Diketahui Oleh Orang Lain

Untuk itu, tanpa harus menunggu nanti dan nanti. Saat ini kamu sedang membutuhkan asupan air mineral agar tubuhmu tetap terhidrasi. Dan pada hari-hari berikutnya, penuhi asupan air dalam tubuhmu agar kamu menjalani gaya hidup yang lebih sehat. selamat beraktivitas :)
TAGS
#Kesehatan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: