Minggu, 19 April 2015

9 Cara Mudah Untuk Merasa Bahagia Seketika

Hidup makin rumit dari waktu ke waktu. Ada berbagai macam perubahan yang membuat kamu merasa sedih, gundah, tertekan dan tidak bisa merasakan kebahagiaan. Padahal, di dunia ini banyak sekali hal simpel yang bisa membuatmu bahagia, bahkan beberapa diantaranya gratis! Hanya saja kita terlalu banyak berfikir dan merasa tidak ada hal yang menyenangkan di sekitar kita.

Satu hal yang perlu kamu sadari, tidak semua hal menyenangkan harus menggunakan uang sebagai sarana mencapainya. Tidak semua hal menggembirakan didapatkan dari benda-benda atau kegiatan yang membutuhkan banyak dana. Hal-hal kecil yang sering diabaikan orang, bisa jadi adalah sumber kebahagiaan kita yang utama. Kita sering melewatkannya karena terbuai dengan hal-hal besar dan rutinitas yang menuntut kita untuk selalu terfokus pada materi.

Baca Juga : 10 Cara Hidup Unik Orang Bhutan Ini Membuat Mereka Selalu Bahagia

Bagi kamu yang sedang mencari apa itu kebahagiaan sejati, berikut ini ada 9 cara mudah untuk merasa bahagia seketika menurut Izwie. Kamu mungkin terkejut, bahkan menolak mentah-mentah ide ini, namun ketika kamu mau mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata, kamu akan menyadari bahwa hal sepele inilah yang akan membuat hatimu jauh lebih tenang dan bahagia serta menambah rasa syukurmu pada Sang Pemberi Kehidupan. Simak yuk, Guys!

1. Tarik Nafas Dalam-Dalam

Tarik Nafas Dalam
Penat seharian bekerja? Selingilah kegiatanmu yang padat dengan bernafas. Oksigen yang kita hirup diberikan gratis pada kita oleh Tuhan untuk kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Luangkan waktu untuk memenuhi paru-parumu dengan udara segar yang tersedia, dan rasakan efek lega setelah melakukannya. Kita dapat mensyukuri banyak hal dengan kegiatan ini: oksigen yang kita hirup secara gratis, hidung yang normal untuk bernafas, dan paru-paru yang berfungsi dengan baik. Itu hanya sebagian kecil karunia yang Tuhan berikan untuk kita, lho! Bersyukurlah.

2. Matikan Layar Smartphone-mu

Ide ini bukanlah ide baru. Ada beberapa orang yang coba mengingatkan kita melalui video yang mereka buat tentang ide mematikan layar smartphone dan komputer kemudian mengalihkan fokus ke dunia nyata. Hal ini tidak membutuhkan modal, bahkan kita menghemat daya dengan mematikan gadget yang kita miliki. Yang perlu dipikirkan adalah kegiatan apa yang akan kita kerjakan setelah berlepas dari gadget? Ternyata, banyak hal yang bisa dikerjakan jika kita mau mematikan sejenak layar smartphone. Mengobrol dengan ibu, mencuci dan menjemur pakaian, merawat bunga, bahkan bermain dengan kucing. Hal-hal tersebut tidak akan sempat kita kerjakan saat kita sedang memegang handphone!

3. Menyapa Embun dan Matahari Terbit

Menyapa Embun dan Matahari Terbit
Bangun pagi adalah kunci mendapatkan kebahagiaan berikutnya. Saat bangun di pagi hari, suasana tenang, embun yang bergelantungan di dahan pohon, suara kicau burung dan semburat mentari pagi membuat kita benar-benar bersyukur telah dilahirkan di dunia dan menikmati semua itu dengan kondisi tubuh yang sehat. Nikmat Tuhan yang manakah yang kamu dustakan?

4. Tersenyumlah Pada Diri Sendiri dan Orang Sekitarmu

Tersenyum tak hanya membuatmu bahagia seketika, namun juga membuatmu cantik dan awet muda. Meski tak ada yang melihat, tetaplah tersenyum seperti kamu sedang berada di tengah orang yang kamu cintai. Dengan begitu, kamu akan terbiasa untuk membagikan senyum bahagiamu pada orang lain.

5. Berbuat Baik Pada Orang Asing

Berbuat baik perlu latihan. Jangankan pada orang asng yang tidak kita kenal seelumnya. Berbuat baik pada orang terdekatpun kita jarang bisa spontan. Cobalah untuk belakukan hal-hal yang diluar dugaan seperti memanggang kue untuk tetangga komplek sebelah, menelepon teman lama dan mengisikan pulsa handphone untuknya, membeli selembar kaos dan memberikannya pada tukang becak di pinggir jalan, dan membuang sampah berserakan saat jogging di taman kota. Contoh lainnya bisa kamu cari sendiri sesuai dengan apa yang kamu hadapi.

Baca Juga : 8 Cara Hidup Bahagia Yang Jarang Dipikirkan Orang

6. Makan Sepotong Cokelat

Makan Sepotong Cokelat
Ambillah uang, kemudian beli sepotong cokelat yang enak dan makanlah. Nikmati kebahagiaan yang timbul setelah kamu memakan sepotong cokelat. Selain kandungannya, kamu bisa menemukan bahwa bahagia memang tak harus mahal dan mewah. Bahagia itu sederhana.

7. Berikan Yang Kau Sukai

Konsep berbagi memang agak sulit dipahami oleh yang tidak pernah mempraktekkannya. Berikan barang-barang yang kamu sukai, baik yang sudah kamu pakai maupun barang yang masih baru kepada orang lain yang membutuhkan serta menyukainya. Semakin besar pengorbanan saat kamu memberikannya, maka akan timbul kebahagiaan yang luar biasa dan hanya bisa kamu terjemahkan saat kamu melihat raut bahagia dari si penerima.

8. Menulislah

Menulis bisa membuatmu terbebas dari stres. Ambil selembar kertas dan pena, kemudian goreskan apa saja yang terlintas di benakmu sebebas-bebasnya. Niscaya kamu akan lega dan bahagia setelah menumpahkan uneg-uneg yang kamu pendam selama ini.

Baca Juga : 10 Manfaat Menulis Diary Untuk Mendukung Kesuksesanmu

9. Pandanglah Wajah Bayi

Pandanglah Wajah Bayi
Kegiatan yang mudah dan gratis namun membahagiakan lainnya adalah dengan memandang wajah seorang bayi. Bayi yang masih murni dan polos akan memberikan tatapan tulus padamu. Kamu akan merasa tenang saat memandang wajah dan mata beningnya seolah-olah kamu melihat cahaya menyejukkan yang terpancar dari kepolosan sang bayi.

Nah, itulah 9 cara mudah untuk merasa bahagia seketika. Jika kamu berhasil menerapkannya, nisaya hari-harimu akan lebih bermakna dan kamu akan lebih banyak bersyukur dangan apa yang telah kamu miliki daripada mengkhawatirkan apa yang kamu belum punyai. Selamat mencoba!

Editor : Bagus Hermawan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: