Selasa, 31 Maret 2015

5 Peluang Bisnis Saat Acara Wisuda

Banyak peluang bisnis yang dapat kita manfaatkan selama menjadi mahasiswa. Salah satunya adalah dengan membidik pasar strategis yaitu mahasiswa. Berbagai event rutin yang digelar di kampus bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan, seperti saat acara wisuda.

Biasanya, beberapa kampus menyelenggarakan acara wisuda 2 sampai 4 kali dalam satu tahun. Apalagi terdapat banyak Universitas yang dapat menjadi target pasarmu berikutnya.

Baca Juga : 9 Cara Mudah Untuk Mencari Uang Di Internet

Nah, apa saja sih peluang bisnis yang dapat kamu praktekkan saat acara wisuda berlangsung? Berikut beberapa produk yang dapat menginspirasimu untuk mulai berbisnis saat kuliah. Yuk simak!

1. Bunga

Bunga merupakan souvenir standar yang biasanya diberikan pada wisudawan-wisudawati yang tengah berbahagia. Ada yang menjual bunga asli, namun ada juga yang terbuat dari aneka bahan hasil kreasi kerajinan tangan. Bunga warna-warni yang cantik dan harum biasanya dijual dalam bentuk buket, serta dilengkapi dengan kartu ucapan selamat yang tak kalah spesial. Kamu bisa membuat sendiri buket bunga wisuda atau bekerja sama dengan florist terdekat. Jika kamu kreatif, tak ada salahnya berkreasi membuat bunga tiruan yang cantik untuk dijual.

2. Boneka Wisuda

Boneka Wisuda
Img : kabowi.blogspot.com

Nah, boneka yang kamu jual saat acara wisuda tentunya bukan boneka biasa seperti yang dijual di toko-toko boneka. Namun, boneka tersebut haruslah unik misalnya dengan menggunnakan kostum toga. Saat ini banyak yang memproduksi boneka wisuda ini dari berbagai bahan. Misalnya dalam bentuk boneka danbo, boneka dari kain flanel maupun boneka teddybear yang semuanya dihias toga dan topi toga mirip dengan kostum wisudawan. Keren kan?

3. Cokelat atau Permen

Cokelat atau Permen
Bosan dengan bunga dan boneka? Kamu juga bisa menjual cokelat atau permen dalam toples. Nah, agar lebih unik, kamu bisa mengkreasikan tutup toples dengan topi wisuda. Benar-benar unik dan tiada duanya!

4. Souvenir Identitas Universitas

Souvenir Identitas Universitas
Segala macam souvenir yang menampilkan logo univesitas, fakultas maupun jurusan pasti diburu saat wisuda berlangsung. Karena, tak hanya para wisudawan, namun kebanyakan mereka juga membawa serta keluarga dan teman saat wisuda. Kamu bisa mencoba memproduksi kaos, tas, topi, pajangan, kipas, pin, dan aksesoris lainnya yang berlogo universitas. Jadi, tak ada salahnya mencoba berbisnis yang satu ini.

5. Bisnis Fotografi

Bisnis Fotografi
Nah, kamu yang kebetulan punya hobi jepret sana jepret sini alias fotografi tak boleh melewatkan event satu ini untuk menggendutkan dompetmu. Cukup berbekal backdrop buku-buku atau yang biasa untuk foto saat wisuda, kamera, pencahayaan yang cukup, serta lokasi yang strategis kamu bisa menjadi fotografer dadakan yang 'mangkal' di lokasi wisuda. Jika berani, berikan service excellent dengan mencetak cepat atau promosi lain yang menarik.

Baca Juga : 7 Modal Utama Yang Harus Kamu Ketahui Ketika Ingin Menjadi Pengusaha Sukses

Nah, itu tadi 5 Peluang Bisnis Saat Acara Wisuda. Kapan acara wisuda kampusmu? Yuk praktekin!

Editor : Bagus Hermawan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: