Selasa, 10 Maret 2015

6 Langkah Menciptakan Sumber Penghasilan Baru Untuk Hidupmu

Untuk kamu yang sudah bekerja mapan, adakalanya kamu menginginkan sesuatu yang baru dalam hidupmu. Termasuk sumber penghasilan baru. Bukan karena penghasilanmu kurang, penghasilanmu sudah lebih dari cukup untuk menghidupimu, sekaligus menabung. Namun, rasa ingin mencoba sesuatu yang baru dan menantang pasti akan timbul seiring dengan kenyamanan yang kamu rasakan. Ini tandanya kamu sudah memahami dan mulai menanamkan sikap seorang Entrepreneur dalam dirimu.

Supaya tak salah langkah, ada baiknya kamu bisa menyimak 6 langkah menciptakan sumber penghasilan baru untuk hidupmu. Not only for money, but for your experience!

1. Jangan Tinggalkan Pekerjaanmu Sekarang

Jangan Tinggalkan Pekerjaanmu Sekarang
Seringkali seseorang tergiur untuk meninggalkan pekerjaan yang sekarang dan memulai sebuah usaha untuk mencapai kebebasan finansial. Mungkin kamu salah satu yang merasakannya. Entah kamu baru saja selesai membaca sebuah buku, mengikuti seminar kewirausahaan, atau melihat temanmu yang sudah sukses dengan usahanya. Namun, tunggu. Kamu boleh saja berpendapat kalau menjadi Entrepreneur itu mudah. Namun jika kamu belum siap untuk kecewa atau gagal, mohon jangan terburu-buru untuk meninggalkan pekerjaanmu sekarang.

Ingat, kamu masih memerlukan pekerjaanmu sekarang untuk hidup. Meninggalkan pekerjaan akan membuatmu bingung untuk menghidupi dirimu sendiri, sedangkan kamu harus tahu bahwa membangun usaha memerlukan waktu hingga kamu bisa memetik hasilnya. Cara pertama untuk mendapatkan penghasilan baru adalah dengan tidak meninggalkan pekerjaanmu. Awali dengan ide usaha yang bisa kau kerjakan sembari bekerja. Suatu saat, idemu akan bisa kamu eksekusi.

Baca Juga : 30 Hal Yang Hanya Pengusaha Yang Akan Mengerti

2. Tentukan Passionmu

Tentukan Passionmu
Passion adalah hal yang sangat penting bagi usaha yang akan kamu geluti. Tanpa adanya passion, bisnismu akan cepat tumbang karena kamu tak sepenuh hati menjalankannya. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menggeluti sebuah usaha, ada baiknya kamu mengidentifikasi terlebih dahulu passionmu.

3. Pelajari Skill Baru

Pelajari Skill Baru
Membangun sebuah usaha memerlukan skill. Jika kamu ingin membangun sebuah usaha butik, minimal kamu bisa mendesain pakaian. Untuk urusan produksi bisa kamu serahkan kepada orang lain. Atau kamu bisa mempelajari bagaimana cara mengelola sebuah butik. Jika kamu ingin menggeluti bisnis online, setidaknya kamu perlu menguasai beberapa hal penting tentang bisnis online.

4. Bangun Secara Perlahan

Bangun Secara Perlahan
Bisnis tidak bisa dibangun secara instan. Kamu harus sabar agar dapat membangun bisnismu dengan baik. Membangun sebuah bisnis yang menghasilkan harus diiringi oleh kesabaran dan keuletan agar dapat berjalan sesuai dengan rencana. Jika kamu tidak sabaran, maka ide bisnismu tidak akan terlaksana dan akan pupus ditengah jalan.

5. Manfaatkan Network

Manfaatkan Network
Jika kamu memiliki relasi yang cukup banyak, maka manfaatkanlah jaringanmu untuk membangun bisnis. Kamu bisa menawarkan terlebih dahulu produk atau jasa yang kamu miliki kepada orang-orang yang ada di sekitarmu sebelum kamu mempromosikannya kepada orang lain. Dari relasimu itulah produk/jasamu akan makin dikenal dan akhirnya kamu bisa mendapatkan pelanggan tetap.

Baca Juga : 7 Modal Utama Yang Harus Kamu Ketahui Ketika Ingin Menjadi Pengusaha

6. Saatnya Kamu Berpindah!

Saatnya Kamu Berpindah!
Jika bisnismu mulai stabil, maka kamu boleh memikirkan untuk meninggalkan pekerjaanmu sekarang dan sepenuhnya mengurus bisnismu. Hal ini memang memerlukan keberanian dan keputusan yang tegas. Jika kamu sudah merasa siap, maka kamu bisa membesarkan bisnismu sepenuhnya. Satu bisnis sukses, kamu dapat membangun bisnis yang lainnya. Pada akhirnya, kamu akan mendapatkan sumber-sumber penghasilan yang dapat membuatmu hidup sejahtera. Semoga berhasil!

Editor : Bagus Hermawan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: