Friday 20 March 2015

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berbagi Pengalaman Hidup

Setiap orang pasti punya pengalaman hidup yang berharga. Baik itu pengalaman yang menyenangkan ataupun pengalaman yang menyedihkan. Namun, tidak banyak yang mau membagi pengalaman hidupnya kepada orang lain karena berbagai alasan.

Hey, ternyata pengalaman yang menurut kamu amat sangat biasa, bisa jadi terdengar luar biasa lho bagi orang lain! Karena setiap manusia itu terlahir unik. Termasuk pengalaman hidupnya. Bahkan, banyak yang sukses menuliskan pengalaman hidupnya menjadi sebuah buku, catatan perjalanan ataupun sekedar sharing di blog pribadi.

Baca Juga : 10 Manfaat Menulis Diary Untuk Mendukung Kesuksesanmu

Banyak cara untuk membagikan pengalaman hidup kamu yang berharga. So, kenapa sih kamu harus berbagi pengalaman tersebut ke orang lain? Berikut ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berbagi Pengalaman Hidup kamu pada orang lain versi Izwie. Yuk kita simak!

1. Berbagi Ilmu Walau Sedikit

Berbagi
Niat yang paling utama saat kamu ingin membagikan pengalamanmu kepada orang lain adalah berbagi ilmu walaupun sedikit. Ceritakanlah pengalaman yang inspiratif dan memiliki nilai edukasi. Ceritakan hal-hal yang positif yang dapat memotivasi orang lain. Andaikan ceritamu adalah pengalaman yang menyedihkan sekalipun, berikan pesan-pesan positif yang dapat menyemangati agar tidak mengulangi kesalahan atau jatuh ke lubang yang sama. Jangan sampai ceritamu membuat orang lain justru down dan berfikiran negatif. Percaya deh, ilmu yang kita bagi tidak akan berkurang justru akan bertambah.

2. Pengalamanmu Tak Sama dengan Pengalaman Orang Lain

Pengalamanmu Tak Sama dengan Pengalaman Orang Lain
Setiap pengalaman hidup itu berharga. Pengalamanmu tidak akan pernah sama dengan pengalaman orang lain. Kamu dapat menceritakannya dengan membuat video, menulis buku, ataupun menjadi narasumber dalam sebuah seminar. Seperti pesan Bob Sadino: "Aku tidak mau pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki terkubur bersama tubuh saya ketika saya mati." Bahkan, ada yang mengatakan jika kamu ingin hidup lebih lama, kamu bisa mulai berfikir untuk menulis buku yang berisi pengalaman hidupmu. Kamu akan terus hidup bersama karya-karyamu meski telah tiada! Wariskan hal yang baik bagi orang lain yang kelak membaca tulisanmu.

3. Saatnya Bertukar Pikiran

Bertukar Pikiran
Saat berbagi pengalaman hidup, otomatis orang yang kamu ajak bicara akan memberikan tanggapan. Dari situlah kamu bisa saling bertukar fikiran, mendapat masukan-masukan baru, solusi, bahkan ide-ide segar yang tidak terpikirkan sebelumnya. Pikiranmu akan lebih terbuka. Bicaralah apa adanya, jangan menceritakan hal-hal yang tidak kamu mengerti bahkan belum pernah kamu lakukan hanya karena ingin terlihat 'keren' di mata orang lain. Percayalah, jujur pada diri sendiri dan kepada orang lain akan membuat hidupmu lebih bahagia.

4. Melepaskan Emosi

Melepaskan Emosi
Dengan berbagi pengalaman hidup, kamu bisa melepaskan emosi dan meluapkan isi hatimu. Dalam ilmu psikologi dan kesehatan, hal ini sangatlah dianjurkan karena dapat membuat tubuhmu menjadi sehat. Kebanyakan orang yang stress diakibatkan karena tidak mampu melepaskan emosi dalam dirinya, terlalu banyak pikiran sehingga mempengaruhi kesehatannya. Menceritakan pengalamanmu kepada orang lain akan membuat pikiranmu ringan, hati tenang dan hidup lebih bahagia.

5. Hidup Hanya Sekali, Hiduplah yang Berarti

Hiduplah yang Berarti
Itulah salah satu nasehat hidup yang sangat berharga. Kita hanya hidup sekali di dunia ini. Jalanilah hidupmu dengan hal-hal yang positif, sehingga kelak pengalaman hidup yang kamu bagikan memberi manfaat kepada orang lain. Janganlah menyia-nyiakan hidupmu, apalagi dengan terus mengeluh. Jalani saja dengan penuh keikhlasan, lakukan hal yang membuatmu bahagia, pecahkan permasalahan dengan solusi yang terbaik, kemudian bagikan pengalaman hidupmu untuk menginspirasi lebih banyak orang di luar sana.

Baca Juga : 10 Cara Hidup Unik Orang Bhutan Ini Membuat Mereka Selalu Bahagia

Nah, sobat Izwie itulah 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berbagi Pengalaman Hidup kepada orang lain. Jangan pelit untuk berbagi ilmu dan pengalaman, karena sejatinya berbagi akan membuatmu semakin kaya. So, apa sajan sih pengalaman hidupmu? Yuk berbagi!

Editor : Bagus Hermawan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 comments: