Rabu, 11 Februari 2015

Ketahui 5 Pertanyaan Ini, Sebelum Anda Memutuskan Untuk Membeli Sesuatu

Memenuhi kebutuhan memang suatu hal yang wajib dilakukan setiap orang, salah satunya dengan membeli segala keperluan tersebut. Namun, kebanyakan orang tidak dapat membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Sehingga, seringkali Anda membeli sesuatu yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Bahkan, sebagian orang membeli barang hanya untuk memenuhi gaya hidup serta bersaing dengan orang lain dengan barang-barang branded.

Parahnya lagi, tidak semua barang yang Anda beli dengan uang tunai. Banyak yang terjebak dalam lilitan hutang karena berbelanja dengan menggunakan kartu kredit. Gesek sana, gesek sini tanpa memperhitungkan bagaimana kelak membayar hutang-hutang tersebut.

Akibatnya, Anda harus kehilangan waktu berharga Anda dengan keluarga. Bekerja lebih giat untuk membayar hutang yang telah terakumulasi karena terlalu banyak membeli barang yang tidak penting. Nah, untuk itu Izwie punya daftar 5 pertanyaan yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu.

1. Butuh atau Tergoda Diskon?

Butuh atau Tergoda Diskon?
Mungkin ini yang sedang Anda pikirkan: Saya benar-benar membutuhkan celana hitam yang lain! Eits, tunggu dulu. Berpikirlah kembali sebelum Anda benar-benar ingin membelinya. Jika Anda sudah memiliki suatu barang yang masih dapat Anda gunakan, sebenarnya Anda masih belum begitu membutuhkan barang yang sama. Artinya, Anda tidak perlu membeli satu item lagi yang baru kecuali barang tersebut benar-benar sudah rusak.

Jangan membeli hanya karena sedang ada tawaran promosi yang menyediakan diskon khusus. Hindari melirik suatu barang karena terpikat diskon yang lumayan, karena jika Anda benar-benar membeli barang yang tak Anda butuhkan itu bisa jadi sebuah pemborosan!

2. Adakah yang Menjualnya Lebih Murah?

Adakah yang Menjualnya Lebih Murah?
Ketika melihat suatu barang di etalase toko dengan harga selangit, berpikirlah sebelum memutuskan membelinya. Cobalah melihat-lihat di tempat lain, carilah barang sejenis yang menawarkan harga yang lebih terjangkau kantong Anda.

Jika tidak menemukannya di toko atau pusat perbelanjaan lain, cobalah untuk mencarinya di toko online. Kadang, harga yang mereka tawarkan lebih murah dengan item yang sama persis. Meski Anda harus mengeluarkan biaya untuk pengirimannya. Percayalah, dengan menghemat beberapa rupiah Anda dapat menabung serta membeli barang lain.

3. Mampukah Anda Membelinya?

Mampukah Anda Membelinya?
Jangan membeli suatu barang hanya karena teman-teman Anda telah membelinya. Jika Anda menganggap membeli sesuatu untuk persaingan, maka anda akan lelah sendiri. Uang Anda akan habis dengan sia-sia. Hal tersebut adalah contoh persaingan yang tidak sehat. Apalagi jika Anda 'terpaksa' membelinya dengan cara berhutang. Sudah saatnya Anda menyimpan uang Anda. Misalnya memikirkan tabungan bagi masa depan Anda. Intinya, tidak perlu bersusah payah jika Anda memang tidak mampu membelinya.

4. Apakah Anda Membelinya Secara Spontan?

Apakah Anda Membelinya Secara Spontan?
Kepenatan dalam bekerja seringkali membuat Anda pusing dan ingin jalan-jalan atau window shopping ke mal. Bagi sebagian orang, terutama wanita, memilih-milih baju, tas atau sepatu di toko dapat membuat pikiran menjadi fresh dan hati menjadi bahagia. Namun, berhati-hatilah.

Melihat-lihat dapat membuat Anda terjebak dalam perangkap berbelanja hal yang tidak perlu. Anda bisa saja membeli barang tanpa berfikir panjang alias secara spontan. Jika ternyata barang yang Anda beli tidak sesuai keinginan, akan timbul kekecewaan. Jika Anda tertarik membeli suatu barang, masukkan saja ke daftar keinginan (wishlist), pikirkan selama 30 hari. Apabila Anda masih menginginkan barang tersebut, pergi dan belilah barang tersebut.

5. Bisakah Anda Mendapatkannya Secara Gratis?

Bisakah Anda mendapatkannya secara gratis?
Banyak situs yang memberikan promosi dengan memberikan item produk secara gratis. Carilah peluang untuk mendapatkan produk secara gratis, biasanya perusahaan tersebut mengadakan event atau kuis yang memberikan hadiah produk. Ini menjadi salah satu alternatif bagi Anda untuk mendapatkan produk secara gratis. Lumayan, bukan?

Nah, itulah 5 pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri sebelum Anda memutuskan untuk membeli sesuatu. Jangan terburu-buru untuk mengambil keputusan pembelian. Pastikan Anda membeli apa yang Anda butuhkan, bukan yang Anda inginkan!

Editor : Bagus Hermawan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: