Friday 6 February 2015

Inilah 5 Pembunuh Waktu Yang Menjadi Musuh Terbesarmu

Sobat Izwie, jarang sekali di internet yang memberikan informasi tentang pembunuh waktu. Pertama, kita akan bahas terlebih dahulu definisi dari pembunuh waktu. Pembunuh waktu adalah hal- hal yang membuang-buang waktu, energi dan kreativitasmu. Namun, biasanya tidak sekedar game atau komik jepang. Banyak yang mengatakan bahwa justru yang membunuh waktu adalah kegiatan dan hal-hal yang tidak ada artinya sama sekali alias tidak memiliki nilai.

Setiap orang memiliki pembunuh waktu mereka sendiri. Namun, beberapa diantaranya memiliki permasalahan yang sama. Berikut ini Izwie akan menyampaikan 5 Pembunuh Waktu yang Menjadi Musuh Terbesarmu, terutama yang paling umum di masyarakat. Yuk simak!

Internet

Internet
Di zaman digital seperti saat ini, internet menjadi hal yang umum digunakan oleh masyarakat. Namun taukah kamu, internet bisa menjadi pembunuh waktu yang paling ganas lho. Internet dapat menjadi kecanduan dan parahnya tidak banyak yang menyadarinya. Tentu banyak hal positif yang dapat kita ambil dari internet. Kamu bisa berkomunikasi dengan lebih mudah serta dapat mengakses informasi dengan cepat.

Namun yang harus kita waspadai adalah tidak berlebihan dalam menggunakan internet sehingga kita menjadi kecanduan internet. Kecanduan internet membuat kamu tak menyadari bahwa ada dunia di sekitar yang harus kita perhatikan. Saat mengakses situs jejaring sosial, kamu akan terperangkap dan secara otomatis meninggalkan dunia nyata. Kamu juga akan menghabiskan banyak waktu untuk berselancar di internet maupun menonton video online. Sehingga, secara tidak sadar kamu bisa menghabiskan waktu satu jam, meski awalnya hanya ingin online selama 15 menit!

Telepon Genggam

Gadget berupa telepon genggam kini semakin banyak fiturnya. Selain menelepon dan SMS, adanya koneksi internet, media sosial, game, musik, video, serta aplikasi chatting membuat Anda lupa diri. Kecanggihan telepon genggam kini lebih sering disebut dengan smartphone, yakni telepon pintar yang dapat digunakan untuk segala hal hanya dengan satu gadget saja.

Komunikasi menjadi tidak efektif karena biaya untuk mengobrol maupun berkirim pesan semakin murah. Kamu tidak sadar, sekali melakukan obrolan membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit tanpa memedulikan waktu kita telah habis untuk itu. Sebaiknya, perbanyak pertemuan tatap muka untuk membicarakan sesuatu sehingga hidup kita tak terlalu terfokus pada telepon genggam.

Menonton Televisi

Salah satu hiburan yang paling murah dan banyak digemari orang adalah televisi. Menonton televisi mungkin dapat menghibur kamu, namun seringkali dampak negatifnya terlupakan. Televisi menjadi media paling informatif. Namun, banyak penelitian menunjukkan bahwa televisi dapat memuat kita semakin bodoh. Mengapa?

Karena media dapat dengan mudah memanipulasi pikiran kita dengan mengisi pikiran dengan informasi yang bersifat subjektif dan cenderung banyak kesalahan. Umumnya, perusahaan televisi selalu mencoba menghadirkan acara yang menarik. Namun, terlalu menuruti untuk menonton televisi akan membuat waktu kamu habis sedangkan perusahaan televisi semakin untung.

Cobalah untuk selalu berfikir tentang benar-salahnya suatu hal. Hal ini sangat penting untuk menggali idemu sendiri. Namun, kebanyakan orang justru menghabiskan banyak waktu dengan berpikiran negatif seta frustasi, terutama pada pengalaman buruk mereka di masa lalu. Cobalah untuk selalu fokus pada hal yang positif setiap hari. Pikirkan tentang semua waktu yang telah kamu habiskan untuk memikirkan hal-hal buruk sebelum memulai melakukan sesuatu yang baru. Terlalu terpaku pada pikiran negatif dapat membuat kamu stess dan tertekan.

Orang di Sekitarmu

Hei, pembunuh waktu ternyata tidak berupa kegiatan atau hal lainnya. Namun orang juga bisa menjadi pembunuh waktumu lho. Berkomunikasi dengan orang-orang adalah kegiatan besar karena melibatkan bantuan, komunikasi dan pertukaran informasi. Namun, di sekitar kita masih banyak orang yang negatif dan justru bersifat mengganggu.

Oleh karena itu, kamu harus semakin selektif pada orang yang kamu ajak berinteraksi. Orang dengan pengaruh negatif dapat menjadi pembunuh waktu yang menghabiskan energi bahkan merusak suasana hatimu. Dan ini tentu dapat kita temui di mana saja, termasuk di tempat kerjamu.

Nah, itu tadi 5 Pembunuh Waktu yang Menjadi Musuh Terbesarmu. Jangan habiskan waktumu untuk hal-hal yang tak bermanfaat. Cobalah untuk melakukan hal positif yang berpengaruh bagi kualitas hidupmu yang lebih baik.

Editor : Bagus Hermawan
Sumber : lifehack.org
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 comments: