Selasa, 03 Februari 2015

Alasan-alasan Mengapa (Ternyata) Uang Tidak Terlalu Penting Bagimu

Memiliki banyak uang memang menyenangkan. Bisa melakukan apa saja, beli ini itu, liburan kemanapun, dan sebagainya. Namun, memiliki banyak uang bukan jaminan hidupmu langsung bahagia. Itulah mengapa sebagian orang menganggap uang bukanlah segalanya. Uang tidak bisa membeli kebahagiaan. Lalu, apakah makna uang bagimu.

How Much Moey Do You Need?

Coba luangkan waktu sejenak untuk merenung. Jika kamu memiliki uang 1 milyar rupiah, apa saja yang ingin kamu lakukan? Buatlah daftar keinginan yang akan kamu lakukan. Kebanyakan akan menjawab dengan hal-hal yang dapat dibeli dengan uang tersebut, yang tentunya bersifat materi.

Kemudian coba data-lah hal-hal yang bisa membuatmu bahagia. Misalnya saja bercengkerama dengan ayah dan ibumu, atau quality time dengan sahabat se-gank mu. Kemudian, perkirakan jumlah uang yang kamu butuhkan untuk itu.

Ternyata, Tak Banyak Kok Uang yang Kamu Butuhkan!

Ternyata, Tak Banyak Kok Uang yang Kamu Butuhkan!
Aktivitas-aktivitas yang membuatmu bahagia biasanya tak membutuhkan uang yang sangat banyak. Yang diperlukan adalah waktu dan kehadiranmu di momen-momen tersebut. Jika keduanya tak dapat terpenuhi karena kamu sibuk mencari uang, bukankah hal itu mengindikasikan bahwa sebenarnya kedua hal tersebut tak ternilai harganya? Yes! Time and You is the most important think to reach happiness. Waktu dan kehadiranmu adalah hal terpenting untuk menggapai kebahagiaanmu.

Untuk itulah, kebahagiaan sejati tidak bergantung pada seberapa banyak uang yang kamu miliki. Banyak hal yang tak bisa dibeli dengan uang. Jika kamu terus menerus bekerja untuk memperoleh banyak uang namun tidak juga bahagia, maka kamu perlu mempertanyakan kembali motivasimu dalam mencari uang. Sebab, jika kamu tak pernah memikirkannya secara serius maka kamu akan terjebak pada rutinitas yang tak bermakna meski kamu mendapatkan banyak uang.

Mulai Rumuskan Faktor Kebahagiaanmu

Mulai Rumuskan Faktor Kebahagiaanmu
Setelah kamu mengetahui bawa (ternyata) uang tidak terlalu penting bagi kebahagiaanmu, maka mulai sekarang kamu perlu merumuskan kembali cara-cara mengumpulkan uang yang benar tanpa menggerus kebahagiaanmu. Langkah pertama untuk mewujudkannya adalah dengan menggali passionmu. Sebab, sekarang ini hanya bekerja dengan passionlah sebuah pekerjaan dapat menjadi kenikmatan hidup sekaligus menghasilkan. Banyak orang yang sudah membuktikannya, bekerja sesuai passion.

Kedua, milikilah waktu untuk menikmati hasil kerja kerasmu. Jika kamu tidak punya waktu untuk menikmati uang yang kamu hasilkan, maka kamu tak ubahnya seperti robot dan mesin. Terus bekerja namun tidak pernah menikmati hasil pekerjaannya. Mulailah menemukan hobby untuk menghabiskan me-time kamu.

Ketiga, berinvestasi. Untuk dapat menikmati lebih banyak waktu luang, investasikan sebagian pekerjaanmu supaya uangmu mulai bekerja untukmu. Dengan demikian, akan lebih banyak waktu yang bisa kamu gunakan untuk melakukan hal-hal yang benar-benar kamu inginkan. Jika kamu memutuskan bekerja sebagai aktualisasi diri, maka kamu akan lebih menghargai pekerjaanmu.

Ingat, hidup yang singkat ini terlalu sedih kalau kamu habiskan untuk tidak bahagia karena kewajibanmu mencari uang, sedangkan kamu tak bisa memaknai arti uang untuk kebahagiaanmu. So, bebaskan dirimu dari jeratan bahwa uang akan selalu membawa kebahagian untuk dirimu. Yuk!

Editor : Bagus Hermawan
TAGS
#Keuangan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: