Sabtu, 14 Februari 2015

7 Cara Menyadari Bahwa Tiap Detik dalam Hidupmu Berharga

Halo?
Apa kamu lagi malas-malasan di kamar?
Lagi galau dan tak tahu mau melakukan apa?
Tegakkan tubuhmu, dan baca artikel ini sampai selesai deh.

Setiap orang akan mati. Entah kapan, dimana, dan dengan cara apa. Intinya, setiap orang memiliki jatah waktu untuk hidup, waktu yang diberikan oleh Tuhan pun terbatas. Kita tidak bisa selamanya hidup di dunia. Tuhan sengaja "merahasiakan" jumlah umur kita supaya kita mikir. Coba bayangkan, seandainya sejak awal kamu tahu berapa usia kamu, pasti kamu sudah banyak berbuat baik. Nggak ada orang jahat, dan semua orang bakalan melakukan karya terbaiknya.

Nggak perlu menunggu kita tahu berapa usia kita. Kita juga bisa menjadikan kematian sebagai pengingat bahwa setiap detik yang kita lalui di dunia ini begitu berapa. Hidup kita terlalu berharga sobat, hanya untuk melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat.

Lalu, bagaimana cara-cara supaya kemu menyadari bahwa setiap detik dalam hidupmu berharga? Simak deh tips dari Izwie berikut ini.

1. Tidak Semua Orang Berumur Panjang

Tidak Semua Orang Berumur Panjang
Kamu pasti sering mendengar kematian seseorang yang masih muda, entah itu orang yang kamu kenal maupun yang tidak kamu kenal? Apa yang kamu pikirkan ketika ada seseorang yang masih muda usianya meninggal? Apa kamu bersedih? Atau takut? Lebih dalam lagi, kematian seseorang mestinya membuat kita tersadar bahwa tidak semua orang dikaruniai umur panjang. Alangkah singkatnya waktu yang dimiliki untuk berkarya, apabila Tuhan hanya memberikan waktu pada kita hanya 20 tahun misalnya. Apa yang sudah kita lakukan selama hidup?

2. Buat Daftar Pencapaian dalam Hidup

Buat Daftar Pencapaian dalam Hidup
Memiliki daftar pemcapaian dalam hidup akan membuatmu lebih sadar akan sedikitnya waktu yang amu miliki. Ada banyak cita-cita yang ingin diwujudkan dalam hidup, sehingga waktu yang ada harus dibagi-bagi supaya tujuan hidup dapat terwujud dalam karya nyata. Sudah banyak yang membuktikan, dengan memiliki daftar tujuan hidup, hidup akan lebih terarah dan waktu tidak akan terbuang sia-sia.

3. Berapa Orang yang (Mungkin) Datang ke Pemakamanmu?

Berapa Orang yang (Mungkin) Datang ke Pemakamanmu?
Kematian memang pengingat terbaik untuk menyadarkan kita akan waktu yang kita miliki. Salah satu cara ampuh agar hidupmu lebih bermakna adalah membayangkan bagaimana suasana saat kamu dimakamkan. Jangan serem dulu, ya, Sob! Bukan bermaksud menakut-nakuti. Namun, dengan membayangkan siapa saja dan berapa banyak orang yang merasa kehilangan saat kamu meninggal akan membuatmu menjadi orang yang lebih baik terhadap sesama. Pastinya kamu ingin orang bersedih atas kematianmu, bukannya tertawa senang. Iya, kan?

4. Seperti Apa Kamu Ingin Dikenang?

Seperti Apa Kamu Ingin Dikenang?
Seperti apa kamu ingin dikenang, seperti itulah seharusnya kamu dikenal. Jika kamu ingin dikenang sebagai orang yang baik, maka hiduplah dengan baik. Jika kamu ingin dikenal sebagai orang yang jujur, maka habiskan waktumu sebagai orang yang jujur. Kamu tidak bisa memaksa orang untuk menilaimu yang baik-baik, sedangkan kamu tidak melakukan kebaikan. Maka dari itu, manfaatkan hidupmu untuk berbuat kebaikan agar kamu dikenal dan dikenang sebagai orang baik.

5. Apakah Kamu Bahagia?

Apakah Kamu Bahagia?
Bersedih itu wajar. Namun hidup ini terlalu singkat untuk terus bersedih. Berbahagialah, jangan sampai kesedihan merenggut hidupmu yang berharga walau hanya beberapa detik. Kamulah yang berhak memutuskan apakah kamu ingin bahagia atau bersedih dalam hidupm

6. Berikan Sesuatu yang Bermanfaat untuk Orang Lain

Berikan Sesuatu yang Bermanfaat untuk Orang Lain
Hidup yang baik adalah bermanfaat bagi orang lain. Kamu bisa dikatakan hidup jika ada manfaat yang kamu berikan untuk orang lain. Jangan sampai ada dan tiadamu di dunia ini sama saja. Hiduplah bermanfaat bagi orang lain, niscaya kamu akan mengerti seberapa pentingnya hidup

7. Tiap Detik Memang Berharga

Tiap Detik Memang Berharga
Setiap detik dalam hidup memang berharga. Ingat kata-kata bijak berikut ini:
  • Bila kau ingin tahu apa arti 1 tahun, tanyalah pada siswa yang tidak naik kelas.
  • Bila kau ingin tahu apa arti 1 semester, tanyalah pada seorang mahasiswa yang telat lulus kuliah.
  • Bila kau ingin tahu apa arti 1 bulan, tanyalah kepada ibu yang melahirkan premature.
  • Bila kau ingin tahu apa arti 1 minggu, tanyalah seorang editor majalah mingguan.
  • Bila kau ingin tahu apa arti 1 hari, tanyalah pada seorang wanita menanti pernikahannya esok hari. Bila kau ingin tahu apa arti 1 jam, tanyalah pada seorang pengusaha yang telat bertemu investor potensial.
  • Bila kau ingin tahu apa arti 1 menit, tanyalah pada seorang penumpang yang ketinggalan pesawat
  • Bila kau ingin tahu apa arti 1 detik, tanyalah pada seorang yang selamat dari reruntuhan bangunan
  • Bila kau ingin tahu apa arti 1 milidetik, tanyalah pada seorang atlit lari olimpiade. Bila kau ingin tahu apa arti waktu dan hidup, tanyakan pada orang yang akan dihukum mati esok hari.
Semoga kita selalu menyadari bahwa tiap detik dalam hidup kita begitu berharga. Semoga bermanfaat ya, Sob!

Editor : Bagus Hermawan
TAGS
#Inspirasi
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: