Thursday 12 February 2015

5 Cara Untuk Menghalau Pikiran Negatif Sebelum Tidur

Setelah menjalani aktivitas sehari penuh, waktu tidur benar-benar harus Anda manfaatkan dengan baik. Saat itulah Anda bisa beristirahat. Namun apa jadinya, jika waktu istirahat Anda menjadi terganggu akibat pikiran negatif yang menggelayuti Anda sebelum tidur? Berpikir tentang hal-hal negatif dan stres sebelum tidur benar-benar membuat Anda bangun di malam hari.

Banyak orang yang belum menemukan solusi untuk mengatasi hal ini. Selain stres dengan aktifitas hari ini, masih banyak pekerjaan esok hari yang harus Anda kerjakan. Tidur pun jadi tak tenang. Jika hal ini terus terjadi, bukan tak mungkin Anda akan kehilangan jam istirahat Anda. Anda bisa saja menderita insomnia karena tak bisa tidur dengan pikiran yang tenang.

Dalam beberapa penelitian terbaru, terdapat cara mengatasi masalah ini, yaitu mengontrol dan mengarahkan pikiran negatif ke arah yang positif menjelang tidur. Kali ini Izwie akan menghadirkan 5 Cara Untuk Menghalau Pikiran Negatif Sebelum Tidur untuk mendapat kualitas tidur yang lebih baik.

1. Tidur Lebih Awal

Tidur Lebih Awal
Dalam suatu penelitian di Binghamton University, rata-rata para respondennya mengalami kecenderungan memiliki rasa khawatir dan stres akibat pikiran negatif pada kebiasaan tidur mereka. Mereka menemukan bahwa orang yang lebih suka tidur larut malam memiliki kadar pikiran negatif lebih banyak dibandingkan dengan orang yang tidur lebih awal. Hal yang sama terjadi pada seseorang yang tidur terbiasa tidur dengan waktu yang lebih pendek.

Mulailah untuk membangun kebiasaan baru untuk tidur lebih awal. Secara bertahap, majukan jam tidur Anda menjadi 15 hingga 30 menit lebih awal sehingga Anda mendapat tidur yang cukup. Lakukan secara konsisten serta belajar beberapa tekhnik relaksasi agar Anda dapat tidur lebih cepat.

2. Selftalk: Bicara Pada Diri Sendiri Tentang Hal Positif

Selftalk: Bicara Pada Diri Sendiri Tentang Hal Positif
Salah satu metode untuk melawan segala pikiran negatif adalah berlatih positif self-talk. Pada dasarnya, negatif selftalk biasanya terjadi karena menghadapi situasi yang tidak kondusif, sikap menyalahkan diri sendiri, mencemaskan masa depan serta hubungan dengan lingkungan sekitar.

Jadi, ketika Anda mulai memikirkan hal negatif sebelum tidur, segera alihkan dengan memikirkan hal yang positif sembari menggunakan kata-kata yang mengandung hal positif seperti berdoa, kata-kata motivasi yang dapat menyemangati dan sebagainya. Cobalah untuk mensyukuri apapun yang telah Anda dapatkan hingga saat ini. Hal ini diyakini dapat menjadi mood booster bagi Anda agar kualitas tidur Anda semakin baik.

3. Lakukan Relaksasi

Lakukan Relaksasi
Relaksasi dapat membantu membersihkan pikiran negatif dalam otak Anda. Cobalah menonton video tentang panduan relaksasi yang dapat Anda akses di internet. Cara ini cukup simpel dan dapat Anda praktekkan langsung di rumah. Anda juga dapat mengikuti program pelatihan meditasi atau yoga dengan dipandu oleh instruktur yang profesional sebagai terapi mengatasi permasalahan tidur Anda.

4. Latihan Pernafasan

Latihan Pernafasan
Teknik pernapasan adalah salah satu cara yang efektif untuk relaksasi serta mengurangi tingkat stres Anda. Serupa dengan relaksasi yang dipandu oleh instruktur profesional, latihan pernafasan bermanfaat untuk menghalau segala pikiran negatif yang mengganggu Anda. Pernafasan juga mempengaruhi denyut jantung, sehingga dengan latihan secara teratur akan membantu Anda menjadi lebih tenang. Teknik ini dapat Anda gunakan untuk mengatasi susah tidur, namun juga dapat Anda lakukan kapan saja saat Anda mengalami stres.

5. Mendengarkan Musik Favorit

Mendengarkan Musik Favorit
Mendengarkan musik yang anda sukai adalah cara lain untuk menghalau stres serta menghilangkan pikiran negatif Anda. Terapi menggunakan musik dapat membantu menyembuhkan gangguan tidur jika dilakukan secara konsisten. Cobalah untuk mendengarkan beberapa jenis musik yang menenangkan, seperti instrumen, musik klasik atau suara alam. Jenis musik tanpa lirik dapat membuat Anda terfokus mengikuti irama serta mengatur laju nafas Anda. Selain itu, mendengarkan lagu dengan lirik yang positif juga dapat mengubah pola pikir Anda. Siapkan play list Anda sebelum berangkat tidur.

Nah, itulah 5 Cara Untuk Menghalau Pikiran Negatif Sebelum Tidur. Cobalah, agar kualitas tidur Anda semakin meningkat. Jika tidur Anda berkualitas, produktivitaspun ikut meningkat. Selamat Tidur!

Editor : Bagus Hermawan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 comments: