Kamis, 05 Februari 2015

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Lebih Banyak Tertawa Menurut Sains

Sobat Izwie, kamu pasti pernah mendengar istilah, "Tertawa adalah obat yang paling manjur". Namun, masih sedikit dari kita yang tahu bahwa tertawa itu menyehatkan. Jadi, memiliki sense humor yang baik dan tertawa lepas dapat membantu menjaga kesehatanmu secara fisik, emosional dan sosialmu lho. Nah, tertawa ini juga lebih murah daripada kamu harus pergi ke dokter dan bekerja lebih efektif daripada obat. Lalu, kenapa kamu tidak mencoba untuk melakukannya?

Kali ini Izwie akan mengungkapkan 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Lebih Banyak Tertawa Menurut Sains. Kamu bisa mulai dengan membangun sense humor yang baik dalam dirimu. Mau tahu lebih lanjut? yuk kita simak bersama.

1. Tertawa Dapat Melancarkan Peredaran Darah

Tertawa Dapat Melancarkan Peredaran Darah
Tertawa dapat memicu pelebaran atau perluasan jaringan yang membentuk lapisan dalam pembuluh darah. Nah, hal tersebut dapat meningkatkan aliran darah sehingga peredarannya menjadi lebih lancar. Seperti kata peneliti bernama Michael Miller,"Bisa dibayangkan bahwa tertawa mungkin penting untuk menjaga jantung yang sehat, serta mengurangi risiko penyakit kardiovaskular."

2. Tertawa dapat Meningkatkan Kesehatan Emosional

Humor dan tertawa dapat memicu pusat emosional dan merangsang otak melepaskan dopamin yang dapat membantu otak untuk membantu otak untuk memproses respon emosional. Dopamin ini dapat meningkatkan rasa bahagia. Lalu, ada pula serotonin yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih senang, serta endorfin yang dapat mengatur rasa sakit dan stres yang menyebabkan euforia.

3. Tertawa Berperan Penting Dalam Interaksi Sosial Serta Hubungan

Terdapat hipotesis menyatakan bahwa tertawa telah ada sebelum manusia mulai menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, sudah ada isyarat sosial antar manusia secara naluriah saat berinteraksi dengan orang lain.

Tertawa berperan penting dalam mengatur percakapan antar sesama manusia. Hal ini juga berpengaruh secara signifikan dalam menjembatani ikatan sosial antara kelompok maupun individu. Nah, jadi rasa humor sangatlah penting dalam komunikasi interpersonal karena merupakan komponen penting dari kompetensi sosial. Rasa humor yang baik juga dapat membuat pertemanan menjadi lebih sehat, bahkan beberapa penelitian menunjukkan tertawa dapat meningkatkan kebahagiaan dalam kehidupan pernikahan.

4. Tertawa Membuatmu Tampil Lebih Atraktif

Penelitian menunjukkan bahwa pria dengan selera humor yang baik tampak lebih menarik. Begitu pula sebaliknya, pria lebih tertarik pada wanita yang memiliki selera humor yang tinggi alias dapat menertawakan lelucon yang mereka buat. Hal ini dapat membuat kamu berada dalam situasi yang lebih nyaman, seperti saat berada dalam sebuah pesta. Anda dapat memperluas relasi dengan lebih banyak tertawa. Ada pula pendapat yang mengatakan bahwa selera humor yang baik dalam wawancara kerja dapat meningkatkan peluang bagi kamu untuk dapat diterima.

5. Tertawa Dapat Menurunkan Stress dan Tingkat Kecemasan

Tertawa Dapat Menurunkan Stress dan Tingkat Kecemasan
Humor dapat digambarkan sebagai unsur ketahanan yang dapat membantu kamu menempatkan masalah sehari-hari dalam perspektif yang lebih baik. Tertawa juga dapat meningkatkan kemampuanmu mengatasi berbagai situasi yang sulit. Manfaat yang paling terasa adalah tertawa dapat menghadang efek buruk dari stres yang dapat menyebabkan kesehatan menurun, serta membawa suasana hati Anda menjadi lebih positif. Kamu bisa mulai belajar melihat sisi lucu dalam berbagai situasi yang buruk.

Tahukah kamu? Tertawa alami juga menular lo, jadi mengapa tak mencoba meningkatkan suasana hati seseorang dan berbagi tawa dengan mereka?

Itulah 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Lebih Banyak Tertawa Menurut Sains. Yuk perbanyak tertawa, karena tertawa itu menyenangkan dan menyehatkan!

Editor : Bagus Hermawan
Sumber : lifehack.org
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: