Minggu, 15 Februari 2015

4 Cara Efektif Meningkatkan Produktivitas di Tempat Kerja

4 Cara Efektif Meningkatkan Produktivitas di Tempat Kerja - Tahukah Anda, menurut beberapa survey di Amerika baru-baru ini, orang dewasa menghabiskan 40% waktu mereka di tempat kerja. Banyak pekerjaan yang membutuhkan kerja fisik, seperti menatap layar komputer dan mencatat di meja kerja. Namun, kebanyakan orang masih mengabaikan hal penting seperti menata ulang meja kerjanya. Padahal, penting bagi kita untuk menata ulang meja kerja kita untuk meningkatkan kreativitas.

Berikut ini Izwie akan berikan beberapa tips dan trik tentang cara efektif selama di tempat kerja untuk memaksimalkan produktivitas Anda, sehingga dapat menghasilkan karya dan meningkatkan kebahagiaan Anda di tempat kerja.

Kelilingi Dengan Hal yang Membuat Anda Bahagia

Kelilingi Dengan Hal yang Membuat Anda Bahagia
Beberapa pakar berpendapat bahwa meja yang bersih justru membuat pikiran Anda terbelenggu. Sementara, banyak orang yang dapat meraih kebebasan dengan menghias meja kerja mereka sesuai selera pribadi. Mendekorasi meja kerja dengan barang-barang pribadi akan mengingatkan Anda pada orang-orang terdekat Anda meski Anda harus menghabiskan 8 jam sehari di tempat kerja. Anda bisa menaruh foto orang yang Anda cintai, benda unik yang menarik, kata-kata penyemangat, tanaman hias atau benda-benda yang dapat membangkitkan kreativitas Anda. Benda-benda tersebut sekaligus dapat Anda jadikan sebagai dekorasi untuk meja kerja Anda.

Dekat dengan Jendela

Dekat dengan Jendela
Jika memungkinkan, pilihlah meja kerja yang berada dekat dengan jendela. Beberapa orang mungkin akan merasa terganggu dalam posisi tersebut. Namun, berada di dekat jendela memberikan kesempatan bagi Anda untuk mengamati suasana di luar jendela, menghirup udara segar, serta menikmati cahaya alami matahari yang menyehatkan. Hal ini tentu sangat menyenangkan untuk mengistirahatkan mata Anda setelah sepanjang hari lelah menatap layar komputer Anda. Melihat keluar jendela dapat membantu Anda menghindari ketegangan mata disebabkan kurangnya berkedip saat Anda bekerja.

Mendengarkan Musik yang Asyik

Mendengarkan Musik yang Asyik
Suasana di tempat kerja seringkali tidak sesuai dengan harapan Anda. Suasana yang sibuk, bising dan berantakan menjadi pemandangan sehari-hari. Anda dapat mengatasi hal tersebut dengan mencoba menggunakan headphone untuk meredam kekacauan di sekitar Anda, membuat Anda lebih fokus sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas. Musik juga akan membuat Anda menikmati hal yang bersifat lebih artistik. Anda akan terpacu untuk dapat menyelesaikan tugas atau pekerjaan Anda sehingga mencapai target yang diinginkan. Bahkan, musik menjadi hal yang wajib ada di ruang kerja Anda.

Berdiri dan Lakukan Hal Lain

Berdiri dan Lakukan Hal Lain
Hampir semua penelitian menunjukkan, duduk sepanjang hari akan membunuh Anda lebih cepat. Kabar baiknya, saat ini banyak perusahaan yang sadar akan pentingnya bahaya kesehatan yang mengancam para karyawannya. Banyak perusahaan yang mengadakan pelatihan dan kegiatan outdoor bagi karyawannya seperti mengikuti keanggotaan gym, lari, ataupun membentuk klub seperti klub futsal.

Anda juga harus sering berdiri untuk merilekskan otot-otot Anda yang tegang. Berjalan-jalanlah mengitari sudut ruang kerja Anda atau hanya sekedar mengambil minuman. Salah satu meningkatkan produlktivitas kerja adalah dengan meninggalkan meja kerja Anda sesering mungkin. Berjalan-jalan selama lima menit dapat menjadi penyegaran mental setiap kali kejenuhan melanda.

Nah, itulah 4 Cara Efektif Meningkatkan Produktivitas di Tempat Kerja Anda. Mungkin beberapa hal lain dapat Anda terapkan sesuai dengan kebutuhan di tempat kerja Anda. Selamat Mencoba!

Editor : Bagus Hermawan
Direkomendasikan Untuk Anda :

1 komentar:

  1. Padahal kalau sedang kerja apalagi deadline, rasanya sudah tidak bisa bangkit dari tempat duduk... Ternyata yang menyempatkan waktu beberapa menit untuk berdiri dan berjalan-jalan justru yang memiliki peluang produktivitas kerjanya meningkat ya..Thanks artikelnya..

    BalasHapus