Jumat, 13 Februari 2015

10 Manfaat Mengejutkan Dari Mengonsumsi Durian

Kamu pasti sudah kenal dengan nama buah yang satu ini. Ya, durian sangat terkenal di Indonesia sebagai King of Fruits alias Rajanya Buah. Tak heran, karena kelezatan buah ini sungguh membuat lidah orang-orang terpikat karena nikmatnya.

Kini durian tak hanya nikmat disantap langsung, banyak yang sudah mengolahnya menjadi kudapan seperti pancake durian, es durian, dan sebagainya. Apapun cara penyajiannya, durian tetaplah menjadi juara dari sekian banyak buah yang ada di dunia ini. Bahkan kini banyak orang di belahan dunia lain mulai melirik buah yang berasal dari Asia Tenggara ini.

Keistimewaan durian bukan hanya dari rasanya saja. Namun, banyak manfaat yang dapat dipetik dari mengkonsumsi buah durian. Apa saja kandungan dan kegunaan buah durian? Yuk, kita simak dalam artikel yang khusus Izwie persembahkan untuk sobat semua. Check this out!

1. Sumber Energi yang Baik

Manfaat Mengejutkan Dari Mengonsumsi Durian
Durian dapat menjadi sumber energi yang baik karena kandungan karbohidratnya. Bagi orang yang sedang diet, mungkin akan menghindari buah yang satu ini. Namun bagi atlit, pelari, dan orang yang bekerja keras membutuhkan asupan energi yang tak sedikit. Hal ini dapat dipenuhi dengan mengonsumsi durian. Per sajian durian adalah sekitar 243 gram, dan 5 sajian dapat memenuhi semua kebutuhan kalori untuk sepanjang hari.

2. Kaya Serat untuk Pencernaan

Setiap orang membutuhkan serat untuk pencernaannya. Apabila kebutuhan serat tidak tercukupi, maka orang akan menderita berbagai macam masalah pencernaan, salah satunya adalah sembelit. Makanlah durian untuk mendapatkan asupan serat. Per penyajian mengandung 9 gram serat yang memenuhi 37% kebutuhan serat harian berdasarkan diet 2000 kalori.

3. Tinggi Lemak Baik dan Kalori

Per sajian durian mengandung 350 kalori dan 13 gram lemak. Wow, tinggi amat yak? Tenang, lemak yang dikandung durian adalah lemak baik. Jadi, lemak ini malah sehat untuk jantungmu.

4. Tinggi Kandungan Vitamin C

Vitamin C dapat mencegah penyakit (kekebalan tubuh), menyembuhkan luka, menurunkan kolesterol, dan banyak manfaat lainnya. Buah durian adalah salah satu buah yang mengandung banyak vitamin C sehingga layak untuk kamu konsumsi.

5. Tinggi Kandungan Vitamin B

Selain Vitamin C, Durian juga mengandung Vitamin B yang baik untuk menangkal radikal bebas, mencegah penuaan dini dan baik untuk jantung. Vtamin B juga mendorong jumlah HDL (kolesterol baik) dalam darah dan menaikkan produksi serotonin dalam otak yang dapat meningkatkan mood.

6. Mengandung Mineral Penting

Buah Durian
Zat Besi, Tembaga dan Mangan adalah sebagian mineral yang terkandung dalam Durian. Zat besi dan tembaga berguna untuk pembentukan darah dan mangan berfungsi untuk menyehatkan kulit dan tulang.

7. Kaya Potassium

Potassium adalah zat yang bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah dan menstabilkan detak jantung. Durian dikenal kaya akan zat potassium ini.

8. Tryptophan untuk Nyenyak Tidur

Durian memiliki zat yang bernama tryptophan yang berfungsi mirip dengan pil tidur. Zat ini diperlukan tubuh untuk tidur nyenyak, juga dapat digunakan untuk terapi epilepsi. Namun untuk yang terakhir ini Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter.

9. Thiamin untuk Metabolisme

Thiamin berguna untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. Thiamin juga bermanfaat untuk kesehatan otot dan saraf pada tubuh. Durian mengandung 30% kebutuhan thiamin harian per penyajiannya.

10. Kaya Asam Folat

Terakhir, durian kaya akan asam folat yang bermanfaat untuk kecerdasan otak, pertumbuhan janin (saat kamu hamil, jika kamu seorang wanita), dan menjaga kesehatan jantung. Durian mengandung 20% kebutuhan asam folat harian dalam tiap penyajiannya.

Itulah manfaat mengejutkan dari mengonsumsi durian. Bagaimana, kamu mau mengkonsumsi durian?

Editor : Bagus Hermawan
Sumber : lifehack.org - Image : nytimes.com
TAGS
#Kesehatan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: