Saturday 7 February 2015

10 Cara Untuk Bekerja Lebih Cepat & Lebih Cerdas

Anda mungkin sering mendengar istilah "Kerja cerdas, bukan kerja keras." Bekerja keras memang sudah menjadi kewajiban setiap orang supaya banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan. Namun kerja keras saja tidak cukup, namun kini seseorang dituntut untuk kerja cerdas agar dapat lebih produktif dalam bekerja.

Seiring perkembangan, kita juga membutuhkan kecepatan untuk mengeksekusi suatu pekerjaan. Dengan bekerja cerdas kita bisa menghemat banyak waktu, namun bekerja cerdas dan cepat membutuhkan keterampilan untuk menguasainya.

Bagaimana agar pekerjaan kita bisa selesai lebih cepat? 10 tips berikut ini mungkin bisa menjawab pertanyaan tersebut. Selamat menyimak!

1. Rencanakan Dengan Matang

Bekerja Lebih Cepat & Lebih Cerdas
Cobalah untuk membuat daftar pekerjaan dan alokasi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Catat di kalender ponsel Anda dengan rapi, dan cobalah untuk menepati apa yang telah Anda tulis. Hal ini menghindarkan Anda dari pemborosan waktu karena kebingungan Anda dalam menyelesaikan tugas. Sebagian besar kesuksesan pekerjaan Anda tergantung dari kesuksesan Anda merencanakannya.

2. Jangan Melakukan Semuanya Sekaligus

Multitasking kedengarannya bagus untuk menyelesaikan banyak hal dalam satu waktu. Namun, multi tasking membuat jadwal Anda molor dari target yang telah ditentukan. Apalagi untuk pekerjaan yang membutuhkan fokus untuk mengerjakannya. Bisa jadi, pekerjaan Anda malah terbengkalai karena mencoba mengerjakannya berbarengan.

3. Utamakan Yang Lebih Penting dan Mendesak

Semua pekerjaan terlihat penting. Namun pasti ada yang lebih mendesak diantara yang penting tersebut. Oleh karena itu, pilah-pilah tugas Anda, mana yang terpenting dan paling mendesak diantar semuanya, lalu kerjakan dengan sebaik-baiknya. Fokuslah pada yang penting dan mendesak.

4. Matikan Pemberitahuan!

Gadget adalah salah satu gangguan terbesar saat ini, karena semua orang memegang gadget. Entah itu smartphone, iPad, maupun laptop. Sebagian besar pasti terkoneksi dengan internet dan media sosial. Semuanya berlomba mengirimkan pemberitahuan untuk Anda, baik yang penting maupun tidak. Untuk lebih fokus, matikan semua pemberitahuan dari media sosial maupun chatting saat Anda bekerja. Untuk lebih mudahnya, matikan sejenak gadget Anda dengan mode pesawat (jika perlu).

5. Istirahat Sejenak

Tak bisa dipungkiri, terus menerus melihat layar laptop akan membuat Anda lelah dan jenuh. Cobalah untuk berdiri dan gerakkan tubuh Anda. 5-10 menit istirahat sudah cukup untuk mengembalikan kesegaran tubuh Anda.

6. Tutup Pintunya

Menutup pintu saat bekerja sangat efektif untuk membuat pekerjaan Anda selesai, sebab gangguan akan lebih sedikit menghampiri Anda. Jika tidak memungkinkan (Anda bekerja di ruangan yang sama dengan puluhan karyawan lain, misalnya), pasang headset untuk "tenggelam" dalam dunia Anda sendiri.

7. Fokus Pada Tujuan Akhir

Tujuan akhir dari sebuah pekerjaan adalah selesai dengan baik. Maka, tanamkan pada otak Anda bahwa Anda tidak akan berhenti sebelum tujuan Anda tercapai. Makin dekat Anda dengan tujuan, maka makin bersemangatlah, seperti pelari yang sudah hampir menuju garis finish. Lajukan kaki Anda lebih cepat agar sampai tujuan lebih cepat.

8. Rayakan Keberhasilan Kecil

Rayakan Keberhasilan Kecil
Salah satu penyemangat berasal dari diri sendiri. Setiap kali selesai menyelesaikan pekerjaan, rayakan keberhasilan kecil Anda dengan menyantap sepiring kudapan atau meneguk secangkir cappucinno. Anda juga dapat menghadiahi diri sendiri dengan membaca buku atau main game.

9. Berani Katakan Tidak

Jika Anda sudah menetapkan deadline sebuah pekerjaan, jangan pernah berkata ya pada distraksi (pengalih perhatian). Anda harus berani berkata "tidak" untuk segala gangguan yang menghampiri. Niscaya Anda akan bekerja lebih cepat dari biasanya ketika Anda toleran terhadap gangguan.

10. Berhenti Bilang Sibuk

Alih-alih berkata, "Aku sibuk!" lebih baik katakan pada diri sendiri bahwa, "Aku lebih dekat dengan tujuanku," Afirmasi positif semacam ini akan membuat Anda lebih percaya diri dan semangat menyelesaikan tujuan Anda. Selamat mencoba!

Editor : Bagus Hermawan
Sumber : lifehack.org
Direkomendasikan Untuk Anda :

2 comments:

  1. Artikelnya kreatif, informatif, dan edukatif. Sangat bermanfaat buat pemula merintis sebuah usaha kemudian memanage sedemikian rupa. Salam by Mitra Google Indonesia

    ReplyDelete
  2. sangat membantu mas.terimakasih infonya

    ReplyDelete