Rabu, 21 Januari 2015

7 Tips Mengisi Libur Akhir Pekan Yang Bermanfaat

Tips Mengisi Libur Akhir Pekan Yang Bermanfaat - Akhir pekan alias weekend memang saat yang paling ditunggu-tunggu dalam satu minggu, terutama bagi Anda pekerja kantoran yang full time bekerja dari Senin-Jumat. Tentunya datangnya weekend memberikan angin segar bagi Anda untuk beristirahat dan melakukan aktifitas lain selain bekerja yang sempat tertunda.

Namun, seringkali waktu dua hari pada akhir pekan hanya Anda gunakan untuk bermalas-malasan saja tanpa melakukan sesuatu yang berguna bagi hidup Anda. Apalagi jika Anda memang tidak memiliki budget khusus untuk travelling. Bisa-bisa Anda akan kehabisan waktu hanya untuk tidur, malas-malasan, menonton TV atau bahkan berjalan-jalan di mal yang dapat menguras kantong.

Nah, bagi Anda yang membutuhkan inspirasi untuk mengisi weekend dengan hal yang bermanfaat bagi hidup Anda, berikut ini Izwie akan hadirkan 7 Tips Mengisi Libur Akhir Pekan yang Bermanfaat bagi Anda. Ingin tahu selengkapnya? Check this Out!

1. Car Freeday

Olahraga pagi
Bagaimana rasanya berjalan-jalan, jogging dan bertemu banyak orang di tengah jalan-jalan protokol perkotaan, tanpa ada satu pun kendaraan bermotor yang melintas? Yup, Anda bisa merasakan suasana ini di momen car freeday. Di beberapa kota besar, kini mulai digalakkan satu hari khusus jalan tanpa kendaraan bermotor.

Orang-orang bebas berlalu-lalang untuk berjalan-jalan, jogging, olahraga, bersepeda, bermain skateboard, sepatu roda bahkan hanya ingin duduk-duduk santai menikmati udara segar tanpa asap. Di car freeday ini biasanya juga terdapat penjual aneka makanan yang lezat. Biasanya car freeday dilaksaanakan pada hari Minggu. Datanglah bersama keluarga atau sahabat. Atau siapa tahu Anda bisa kenalan dengan sesama pengunjung car freeday? Wow, asik juga tuh!

2. Merapikan Kamar

Merapikan Kamar
Daripada tidur bermalas-malasan, Anda bisa memanfaatkan waktu libur Anda untuk menata ulang kamar Anda. Setelah seminggu penuh penat beraktifitas di kampus atau kantor, saatnya lebih memperhatikan kondisi kamar Anda yang sudah seperti kapal pecah. Rapikan mulai dari yang terdekat di sekitar Anda. Letakkan kembali benda-benda sesuai tempatnya. Singkirkan pakaian kotor, serta cucilah sprei dan selimut. Gantilah dengan yang baru. Jangan lupa mengepel lantai kamar dan tambahkan pengharum ruangan agar kamar Anda jadi rapi dan wangi.

3. Belajar Memasak

Belajar Memasak
Nah, jika Anda biasanya makan di luar atau membeli makanan untuk dibawa pulang, akhir pekan menjadi waktu yang tepat untuk mulai bereksperimen dengan resep-resep yang lama ingin Anda coba. Sesekali, masaklah makanan untuk diri sendiri juga untuk keluarga. Anda bisa mulai memasak makanan yang simpel, kue-kue kecil, puding atau-pun minuman. Be creative guys!

Jangan takut masakan Anda tidak enak atau gosong. Orang bijak berkata, Anda tidak akan pernah tahu hasilnya jika belum pernah mencobanya. Cobalah berkreasi dan tunjukkan bakat memasak Anda. Pasti sangat menyenangkan dapat mencicipi hidangan hasil masakan sendiri.

4. Berkunjung ke Rumah Saudara atau Sahabat

Berkunjung ke Rumah Saudara atau Sahabat
Mengunjungi rumah saudara atau sahabat sangat penting untuk membina keakraban. Seimbangkanlah hidup Anda, jangan melulu terpaku dengan kesibukan, pekerjaan dan rutinitas lainnya. Anda perlu bertemu dengan orang-orang yang Anda sayangi agar lebih mempererat jalinan silaturahim Anda. Jangan sampai hubungan Anda renggang hanya karena terlalu sibuk. Dengan kemudahan sosial media, terkadang kita jadi malas untuk saling bertemu dengan orang lain. Hal ini tentu sangat memprihatinkan. Sosial media menjadikan yang jauh menjadi dekat, dan yang dekat semakin menjauh. Cobalah membuat janji untuk bertemu dan saling berkunjung. Berceritalah dengan santai di rumahnya atau di kafe favorit Anda.

5. Jalan-Jalan ke Toko Buku

Jalan-Jalan ke Toko Buku
Berjalan-jalan di mal tentu sangat menyenangkan, namun juga kurang bermanfaat bahkan menjadikan Anda bersikap boros. Carilah kesibukan lain agar tidak terjebak pada gaya hidup hura-hura. Kurangi agenda jalan-jalan yang kurang penting. Sebaliknya, jika Anda memang harus jalan-jalan, cobalah alternatif ke toko buku untuk berjalan-jalan. Temukan banyak inspirasi dari beberapa buku yang Anda baca sekilas di sana. Jika menemukan buku yang menarik, tidak ada salahnya memasukkan beberapa buku ke keranjang belanja Anda. Ingat, buku tidak akan cepat habis seperti halnya Anda belanja makanan ringan di swalayan.

6. Membaca Buku di Kafe

Membaca Buku di Kafe
Membaca buku biasanya Anda lakukan di perpustakaan atau dirumah. Namun, Anda bisa mencoba suasana baru dengan membawa beberapa buku koleksi Anda ke kafe yang memiliki suasana yang menyenangkan. Anda bisa duduk tenang membaca lembar demi lembar buku Anda sambil menikmati secangkir cappucino atau green tea. Namun berhati-hatilah agar buku Anda tidak terkena makanan atau minuman yang Anda cicipi. Di beberapa daerah, sudah banyak kafe yang berkonsep bookcafe alias kafe buku. Ada yang menyediakan buku-buku untuk di baca, bahkan di jual. Tentunya Anda bisa duduk di sana lebih lama, dengan memesan menu yang disediakan. Anda tak hanya merasa lebih rileks, namun juga mendapat ilmu yang bermanfaat.

7. Membuat Jadwal Seminggu Kedepan

Membuat Jadwal Seminggu Kedepan
Terakhir, Anda bisa mulai mengambil selembar kertas atau agenda untuk merancang kegiatan Anda seminggu kedepan. Rencanakanlah mulai dari hal-hal yang penting, hingga hal-hal yang sifatnya remeh sekalipun. Dengan merancang jadwal utama secara detail, Anda bisa lebih mudah mengatur jadwal yang lain. Kegiatan Anda seminggu kedepan lebih terarah dan tidak bingung harus berbuat apa. Ingat, jika Anda tidak merencanakan untuk sukses, berarti Anda sedang merencanakan untuk gagal!

Itulah 7 Tips Mengisi Libur Akhir Pekan yang Bermanfaat dari Izwie. Jadikanlah hidup Anda lebih bermakna. Selamat berakhir pekan!

Editor : Bagus Hermawan
Direkomendasikan Untuk Anda :

1 komentar:

  1. Terima kasih banyak atas tips-nya ya :)

    BalasHapus