Rabu, 14 Januari 2015

7 Tips Memulai Bisnis Dari Hobimu

Sobat Izwie, bagi sebagian orang menekuni hobi hanyalah sekedar memenuhi kebutuhan batin untuk menghilangkan kejenuhan dalam rutinitas sehari-hari. Bahkan, untuk menekuni hobi tertentu banyak yang menilai bahwa hobi hanya membuang-buang waktu dan uang, karena memang butuh biaya yang tidak sedikit. Namun, Anda jangan buru-buru berpandangan negatif terhadap hobi. Nyatanya banyak orang justru sukses berawal dari hobinya.

Salah satu hal yang bisa Anda dapatkan dengan menekuni hobi adalah berbisnis berawal dari hobi. Nah, saat ini banyak bisnis yang tiba-tiba muncul yang ternyata berasal dari hobi sanga pemiliknya. Misalnya saja bisnis kuliner, karena si pemilik doyan makan. Atau bisnis alat-alat olahraga, karena si pemilik ternyata seorang atlet. Bahkan banyak artis yang membuat brand baju atau parfum dengan nama mereka sendiri karena kegemarannya terhadap benda-benda tersebut.

Nah, bagi Anda yang mau serius menekuni hobi dan menangkap peluang bisnis yang berkaitan dengan hobi, kali ini Izwie akan mengungkap 7 Tips jitu Memulai Bisnis Dari Hobi Anda. Ingin tahu selengkapnya? Berikut ulasannya.

1. Cari Tahu dan Tekuni Hobi Anda

7 Tips Memulai Bisnis Dari Hobi Anda
Anda tidak perlu jauh-jauh mencari ide bisnis, cukup ketahuilah apa hobi Anda sendiri. Memulai bisnis dari hobi memang tak selalu harus dengan modal yang besar dan pengetahuan bisnis yang cukup. Anda harus memahami apa yang benar-benar menjadi minat Anda lewat hobi yang anda tekuni.

Bisnis dari hobi akan lebih mudah Anda jalankan karena Anda sedikit banyak menguasai apa yang Anda lakukan. Dari sekian banyak hobi, pilihlah hobi yang paling mendominasi hidup Anda, dan tangkaplah peluang bisnis di sana. Anda perlu fokus, karena fokus itulah yang kelak menjadi salah satu kunci sukses berbisnis dari hobi.

2. Target Pasar

Target Pasar
Sehebat apapun hobi Anda (menurut kacamata Anda sendiri), hal itu tidak akan berpengaruh pada kesuksesan Anda dalam berbisnis jika tak cermat melihat peluang pasar yang Anda targetkan. Anda harus dapat memikirkan, kemana arah bisnis Anda, siapa yang akan membeli atau membutuhkan jasa Anda misalnya. Temukan pasar yang potensial menyambut ide bisnis Anda. Jangan egois, karena yang Anda sukai belum tentu disukai orang lain. Pikirkan sekali lagi apakah hobi Anda benar-benar dapat 'dijual' ke pasaran.

3. Peka Dalam Menangkap Peluang

Peka Dalam Menangkap Peluang
Anda bisa mulai memilih salah satu dari sekian banyak hobi Anda, lalu jadikan sebagai jalan membuka bisnis. Milikilah kejelian serta kepekaan dalam menangkap peluang, lalu asah-lah terus-menerus. Sikapilah dengan bijak peluang yang datang, tidak semua hobi berpotensi bagus dijadikan ladang bisnis. Namun, jika Anda benar-benar yakin, Anda harus berani mencobanya. Kelemahan yang harus Anda waspadai adalah sikap menggebu-gebu pada tahap awal menjalani bisnis. Anda harus tekun dalam menjalani bisnis dari hobi, karena ini juga erat kaitannya dengan apa yang Anda senangi.

4. Pertimbangkan Plus dan Minusnya

Pertimbangkan Plus dan Minusnya
Pada tahap awal berbisnis dari hobi, setidaknya Anda harus mengenali dulu plus dan minus dari hobi Anda. Jika banyak plus yang dapat Anda kembangkan sebagai bisnis, Anda bisa melanjutkan ke tahap berikutnya. Ingat, tujuan bisnis harus tetap ada jika Anda telah memilih hobi sebagai lahan bisnis. Harus ada keuntungan yang didapatkan dari bisnis Anda. Istilahnya, kalau biasanya Anda harus membayar mahal untuk menekuni hobi, kali ini Anda harus berfikir bagaimana menghasilkan keuntungan sekaligus tetap menekuni hobi.

5. Bergabung Dengan Komunitas

Bergabung Dengan Komunitas
Inilah asyiknya memilih berbisnis dari hobi. Ketika menekuninya sebagai hobi, tentu Anda tak sendirian. Ada banyak komunitas yang didirikan dengan kesamaan visi yakni berawal dari menekuni hobi yang sama. Bisa komunitas yang berbentuk perkumpulan dengan pertemuan rutin atau sekedar komunitas online.

Hal ini harus Anda manfaatkan sebaik-baiknya. Setidaknya, Anda bisa menggali ilmu dan pengalaman lebih banyak dari sana. Anda pun mendapat kesempatan bertemu dengan relasi yang dapat Anda jadikan target pasar untuk bisnis yang Anda tekuni. Sangat disarankan bagi Anda untuk bergabung dengan komunitas bisnis juga.

6. Buatlah Perencanaan Yang Matang

Buatlah Perencanaan Yang Matang
Bisnis dari hobi tampaknya memang mudah dan sering dianggap sepele. Namun, sama halnya dengan berbisnis lainnya, Anda juga harus memiliki perencanaan yang matang dalam menjalani bisnis Anda. Jangan sekedar menciptakan, menjual lalu mendapat keuntungan saja. Anda harus bisa memahami langkah-langkah serta gambaran bagaimana menjalankan bisnis Anda. Perencanaan tidak selalu harus rumit, namun yang terpenting rencana tersebut dapat Anda laksanakan. Bukankah jika kita tidak merencanakan untuk sukses, bisa berarti kita sedang merencanakan untuk gagal?

7. Berani, Fokus dan Konsisten!

Anda berani memulai bisnis dari hobi, berarti Anda juga harus berani untuk konsisten dalam menjalankannya! Kebanyakan bisnis dari hobi tidak serius karena tidak memiliki daya juang dan konsistensi dalam menjalankannya. Putuskan apa yang paling Anda sukai dan jalankan-lah. Anda harus tekun dan konsisten agar kesuksesan dapat Anda raih. Jangan mudah tergoda di tengah jalan dengan hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan bisnis Anda. Berinovasi dan berkembang itu baik, namun jangan sampai salah fokus. Ingat, kuncinya adalah berani, fokus dan konsisten!

Nah, sobat Izwie. Itu tadi 7 Tips Jitu Memulai Bisnis Dari Hobi Anda. Saatnya Anda meraih keuntungan lebih dari apa yang Anda tekuni. Bagaimana, Anda siap berbisnis dari hobi? Lakukan sekarang juga!

Editor : Bagus Hermawan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: