Minggu, 28 Desember 2014

Beberapa Manfaat Buah Alpukat Yang Perlu Kamu Ketahui

Beberapa Manfaat Buah Alpukat Yang Perlu Diketahui - Siapa yang tak kenal buah yang satu ini? Buah dengan warna kulitnya yang hijau, berdaging tebal berwarna kekuningan dan bijinya bulat besar. Daging buahnya sungguh nikmat dikonsumsi, baik secara langsung maupun dengan cara dibuat jus. Selain itu, alpukat juga dapat diolah sebagai campuran salat, dan masakan lainnya.

Bukan hanya buahnya yang lezat, Alpukat juga memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi tubuh kamu. Tidak banyak yang tahu tentang khasiat buah alpukat untuk kesehatan dan kecantikan. Orang-orang biasanya memakan alpukat karena rasanya yang gurih dan lezat.

Kamu dapat memetik beragam manfaat dengan mengonsumsi alpukat secara rutin. Berikut ini akan dikupas .

1. Mengontrol Berat Badan

Manfaat Buah Alpukat Yang Perlu Diketahui
Kamu pasti nggak percaya ini. Kamu bisa mengurangi berat badan dengan mengkonsumsi alpukat secara teratur, lho! Kok bisa?

Alpukat mengandung serat yang tinggi. Makan alpukat dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga kamu nggak tergoda untuk banyak ngemil. Hal inilah yang membuat kamu bisa mengontrol berat badan dengan makan alpukat.

2. Menghaluskan Kulit

Menghaluskan Kulit
Buat kamu yang kepengen punya wajah halus dan mulus, memakai masker alpukat dapat menjadi pilihan untuk merawat kecantikan dan kehalusan kulitmu. Kandungan vitamin C dan vitamin E-nya yang tinggi, mampu menjaga kekenyalan/kelembaban kulit. Antioksidannya dapat menangkal radikal bebas. Caranya adalah dengan mengonsumsi buahnya atau menjadikannya sebagai masker.

Cara sederhana membuat masker alpukat adalah sebagai berikut:
Ambil daging buah alpukat secukupnya, lalu haluskan dengan blender atau dengan sendok. hingga benar-benar halus. Beri 1 sendok  madu asli (jika ada), aduk rata. Kemudian oleskan ke wajahmu yang telah dibersihkan sebelumnya. Diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.

Gunakan masker 2-3 kali seminggu untuk menghaluskan kulit wajah. Ramuan di atas bisa digunakan untuk lulur tangan, kaki dan badan juga lho, Girls!

3. Nutrisi Otakmu

Nutrisi Otakmu
Alpukat mengandung asam omega 9 dan vitamin E yang berfungsi sebagai makaan bagi otakmu. Nutrisi yang terkandung dalam buah alpukat ini bisa membuat kamu terhindar dari penyakit pelupa alias alzheimer. Nggak lucu kan, masih muda udah pikun? Jadikan alpukat sebagai penangkal kepikunan buat otakmu, Guys!

4. Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga Kesehatan Mata
Selain kulit, Alpukat juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata kamu. Alpukat mengandung vitami A serta lutein yang dapat menyehatkan mata. Lutein dapat menghambat pembentukan katarak, sehingga matamu tetap jernih.

5. Sumber Asam Folat

Sumber Asam Folat
Khusus buat cewek-cewek, yang calonnya menjadi seorang ibu harus tahu nih manfaat alpukat untuk kesehatan reproduksi. Alpukat memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Asam folat ini sendiri merupakan asupan penting bagi calon ibu agar kelak melahirkan bayi yang sehat, tanpa resiko cacat bawaan saat lahir. Selain itu, asam folat dapat membantu proses pembuahan menjadi lebih lancar.

Manfaat lainnya adalah asam folat penting untuk pembentukan materi genetik dan berpengaruh terhadap kecerdasan otak si jabang bayi. Mau jadi ibu yang peduli kesehatan anak? Yuk, konsumsi buah alpukat mulai sekarang. Bahkan, kamu bisa memulainya jauh-jauh hari lho, Girls, sebagai persiapan untuk masa depan bayi kamu.

Masih banyak lagi manfaat kesehatan dari buah alpukat ini, seperti menurunkan kolesterol, melindungi kesehatan jantung dan sebagainya. Kamu bisa hidup sehat dan cantik dengan makan alpukat, Guys. Mudah, murah, sehat, dan lezat! Selamat mencoba.

Editor : Bagus Hermawan
Sumber : lifehack.org
TAGS
#Kesehatan
Direkomendasikan Untuk Anda :

1 komentar:

  1. ternyata aku engga sia-sia suka buah yang satu ini :) banyak manfaatnya ..
    terimakasih infonya :)

    BalasHapus