Rabu, 24 Desember 2014

8 Inspirasi Yang Dapat Anda Pelajari Dari Steve Job

Siapa yang tak kenal Steve Jobs? Sang pendiri Apple, Inc. ini adalah seorang tokoh yang sangat visioner dan menginpirasi jutaan orang di seluruh belahan dunia. Hal itu karena beberapa kutipannya sangat inspiratif dalam menyemangati siapapun yang mendengarnya.

Berikut beberapa kutipan mendunia dari pria bernama asli Steven Paul Jobs ini, yang dapat Anda jadikan sebagai inspirasi:

1. Orang-orang Tidak Tahu Apa Yang Mereka Inginkan Sebelum Anda Menunjukkan Kepada Mereka

Benar apa yang dikatakan oleh Steve, kita tidak pernah tahu apa yang kita inginkan sampai kita merasakan sendiri pengalaman memahami visinya lewat Apple. Seperti yang ia katakan," Jangan menjual produkmu, juallah kepada orang-orang yang menjadikan produkmu sebagai impian mereka, mereka Akan mengikuti Anda." Pria kelahiran ini California ini menyemangati kita semua dengan kekuatan yang hampir tidak pernah kita ketahui, dan membantu dalam mewujudkan impian kita.

2. Anda Harus Menemukan Apa yang Anda Cintai

Steve membuktikan kepada kita semua, ia suka menyerhanakan teknologi agar dipahami orang-orang. Jatuh cinta pada pekerjaan adalah penting, karena pekerjaan adalah salah satu hal yang mengisi sebagian besar hari-hari dalam hidup kita. Satu-satunya cara untuk benar-benar puas adalah melakukan apa yang kita yakini sebagai sebuah pekerjaan yang besar. Satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan yang besar adalah mencintai apa yang kita lakukan.

3. Menghubungkan Titik-Titik Dan Meyakini Masa Depan

Belajar dari Steve, Anda memang tidak dapat menhubungkan titik-titik yang akan terjadi kedepan, yang dapat Anda lakukan hanyalah merenung ke belakang apa yang telah anda lalui. Sejak itu, Anda akan berhenti mengkhawatirkan tentang masa sulit. Entah bagaimana caranya, titik-titik tersebut pasti akan terhubung di masa depan. Jadi, apapun yang terjadi dalam hidup Anda, tenang saja. Dan percayalah bahwa dalam setiap kesulitan, akan ada hikmah yang terkandung di dalamnya. Meskipun saat ini Anda tak mengerti, apa dan mengapa hal itu terjadi kepada Anda.

4. Mengingat Tentang Kematian Adalah Cara Terbaik Melepaskan Belenggu Pikiran Bahwa Anda Kehilangan Seseuatu

Setiap orang akan mati, akan tetapi banyak orang yang tak meyakini hal tersebut. Tidak ada alasan yang pasti mengapa Anda harus mengikuti kata hati Anda. Steve telah membuktikannya, bahwa Anda benar-benar harus mengikuti apa yang menjadi impian terbesar Anda. Kita memiliki beberapa tujuan dalam hidup dan Anda harus mendefinisikan tentang tujuan hidup Anda sendiri. Tidak akan ada orang yang akan membawa Anda pada kesukesesan kecuali diri Anda senrdiri. Percayalah!

5. "Stay Hungry, Stay Foolish"

Mungkin kita perlu memahami apa yang ingin disampaikan Steve kali ini. Jangan pernah mengatakan puas sampai Anda menemukan apa yang Anda cintai untuk dilakukan. Tetaplah rendah hati, dengan menjadi pribadi yang tetap merasa lapar dan bodoh saat mencari ilmu dan belajar sesuatu hal yang baru. Itulah yang akan menghantarkan kita pada pencapaian yang lebih tinggi. Bahkan jika kita gagal, kita gagal dalam keadaan yang terhormat. Jadi, jika kita tidak pernah menjadi seperti sosok pecundang dan pemalu, kita tidak pernah tahu apa itu arti dari kemenangan atau-pun kekalahan.

6. Terus Berkembang Selalu

Darwin mengatakan bahwa "Siapa yang terkuat ia akan bertahan, bukanlah keberlangsungkan hidup yang terkuat.". Mereka yang selalu beradaptasi untuk terus berubah adalah mereka yang akan bertahan hingga akhir kehidupan. Apple tidak pernah berhenti pada kesuksesan Macintosh, secara terus-menembus batas-batas unik menciptakan lini produk baru dan orang-orang rela mati untuk dapat memilikinya. Bob Dylan mempopulerkan prinsip 'jika Anda tidak sibuk dilahirkan, Anda sibuk dalam sekarat'. Jadi, jangan pernah berhenti dengan kesuksesan, karena kesuksesan tidak akan pernah ada akhirnya.

7. Menjaikan Kekurangan Menjadi Suatu Kelebihan

Menerapkan filosofi ini pada Apple, Steve merasakan keajaiban terjadi dalam hidupnya. Setelah terinspirasi dari filosofi minimalis Zen, Apple yang revolusioner dalam menciptakan produk-produknya dengan desain yang sederhana, membuat orang-orang sangat berharap dapat menjadi pembeli pertama saat diluncurkan. Tidak heran jika semua produk Apple hadir tanpa sebuah petunjuk manual, karena produk Apple terlalu sederhana untuk dipahami dan dioperasikan bahkan untuk orang awam. Jadi, ingatlah selalu tentang hal ini. Less is more. Kekurangan menjadi sebuah kelebihan yang dimiliki.

8. "I would trade all of my technology for an afternoon with Socrates"

Steve yang selama ini menjadi pengikut setia dari Socrates, jelas tahu pentingnya filsafat dalam hidupnya. Kebanyakan dari kita akan berfikir bahwa filsafat adalah salah satu subjek elit yang membingungkan. Namun, steve menyadari bahwa filsafat adalah dasar dari segala ilmu dalam kehidupan dan Steve tahu betul tentang hal ini. Akan sulit baginya menciptakan pasar komputer yang benar-benar tidak ada di pasaran sebelumnya, saat ia memulai menggarap "Apple".

Banyak yang datang dan pergi namun hanya sedikit yang meninggalkan jejak yang abadi dalam sejarah umat manusia. Kita banyak belajar dari sosok Steve Jobs. Selama inovasi terus mengalir dalam hidup Anda, Anda akan tetap hidup. Karena Anda adalah orang yang terinspirasi dari sebuah inovasi.

Apple mungkin saja bukan Apple tanpa Steve Jobs. Pecinta Apple setia pada Apple salah satu alasannya juga karena kemasyhuran Steve Jobs. Anda juga terinspirasi oleh sosok satu ini?

Editor : Bagus Hermawan
Sumber : lifehack.org
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: