Selasa, 23 Desember 2014

7 Tips Hemat Berlibur Akhir Tahun Dan Menyenangkan

7 Tips Hemat Berlibur Di Akhir Tahun Dan Menyenangkan - Berlibur di akhir tahun pasti ditunggu-tunggu semua orang. Apalagi yang bekerja kantoran, pasti sudah menyiapkan jauh-jauh hari. Apalagi akhir tahun adalah peak season alias rame-ramenya orang liburan, baik domestik maupun mancanegara.

Liburan menyenangkan tentunya diawali dengan perencanaan yang tepat. Nah, Izwie bakala kupas tuntas tentang cara hemat berlibur akhir tahun dan tentunya juga sangat menyenangkan.

Persiapan yang baik akan membuat liburan Anda lebih seru! Simak ya, Guys!

1. Tentukan Tujuan Wisata

Tentukan Tujuan Wisata
Mencari tujuan wisata saat peak season memerlukan kejelian. Biasanya, tempat wisata populer jumlahnya meningkat drastis. Daripada berjubel di tempat-tempat wisata itu, coba cari alternatif tempat liburan yang relatif tidak banyak pengunjung namun tetap oke punya. Browsing, deh!

Selain itu, memnentukan tujuan wisata berpengaruh pada harga tiket, paket wisata (jika menggunakan jasa travel), dan pengurusan visa untuk wisata luar negeri. Jika memungkinkan, pilih yang budgetnya paling hemat, Guys.

2. Cari Transportasi Terhemat dan Terefisien

Cari Transportasi Terhemat dan Terefisien
Untuk menjangkau tempat tujuan yang sudah kamu tentukan, carilah transportasi terhemat untuk menuju ke tujuan. Misalnya kamu harus naik pesawat, pesanlah tiket jauh-jauh hari. Biasanya, kamu akan mendapat harga yang lebih murah jika membeli 3-1 bulan sebelum hari keberangkatan . Manfaatkan situs-situs khusus traveling agar kamu terbantu untuk menentukan mana tiket pesawat termurah untuk liburan kamu.

Jika kamu memakai transportasi lainnya seperti kereta, bus atau mobil pribadi, pertimbangkan waktu yang dibutuhkan serta efesiensi biaya dan waktu yang akan kamu habiskan di perjalanan. Jangan sampai waktumu habis di perjalanan ya! Ingat, ingat, ini peak season lho!

Alternatif lainnya adalah menggunakan kartu kredit untuk membeli tiket promo. Biasanya maskapai menyediakan tiket promo yang hanya bisa dibeli dengan menggunakan kartu kredit. Nggak ada salahnya manfaatkan layanan ini.

3. Akomodasi Murah

Nah, ini juga penting untuk liburan kamu, Guys. Salah satu faktor nyaman tidaknya liburan akhir tahun kamu. Cari tahu akomodasi yang hemat di sekitar tepat tujuan wisata kamu. Biasanya, situs-situs traveling memberikan rekomendasi tempat menginap yang hemat. Daripada menginap di hotel mewah, lebih hemat menginap di hotel biasa atau malah menyewa cottage jika kamu liburannya bareng-bareng dengan keluarga dan teman. Biasanya tempat wisata bahari alias dekat laut punya cottage-cotage yang disewakan pada wisatawan.

Cermati pula, apakah tempat  kamu menginap menyediakan sarapan dan transportasi. Jika ya, boleh banget tuh kamu jadikan pilihan utama. Supaya anggaranmu lebih hemat lagi. Asyik, kan?

Kalau tetap memilih hotel, pesan jauh-jauh hari sebelumnya supaya tidak kehabisan kamar. Bete kan, kalau sudah sampai sana nggak ada tempat buat istirahat?

4. Menghemat Uang Makan

Seperti yang disinggung tadi, upayakan tempat kamu menginap menyediakan sarapan agar pengeluaran makanmu bisa ditekan. Kemudian carilah tempat-tempat makan yang hemat, rekomendasi dari para food blogger bisa tuh dipertimbangkan. Lebih aman lagi, cari tempat makan yang memasang harga di tempat yang kamu pilih.

5. Siapkan Planning Liburan Sebaik Mungkin

Siapkan Planning Liburan Sebaik Mungkin
Menyiapkan planning yang baik, kemungkinan akan membuat liburanmu sukses abis. Mengapa? Dengan perencanaan liburan yang baik, maka kamu bisa menghemat banyak hal dan liburanmu jadi menyenangkan. Kamu bisa meminimalisir kendala yang timbul saat liburan. Selain itu, liburan yang terencana akan membuat budgetmu aman terkendali. Kecuali, kamu backpacker sejati yang menyukai spontanitas daripada sebuah perencanaan.

6. Siapkan 'Persenjataan' Saat Liburan

Siapkan 'Persenjataan' Saat Liburan
Buat kamu yang nggak mau ribet saat sudah sampai tujuan wisata, sebaiknya lengkapi 'persenjataan' kamu sebelum berangkat. Hal remeh-temeh seperti minyak angin, obat anti mabuk, jaket, bahkan sikat gigi atau sisir mungkin jadi sangat penting buat kamu saat di perjalanan. Minimalisir semua kemungkinan yang membuat kamu bete saat liburan.

7. Belanja Souvenir dan Oleh-oleh Hemat Secukupnya

Belanja Souvenir dan Oleh-oleh Hemat Secukupnya
Liburan tidak lengkap rasanya jika tanpa belanja souvenir dan oleh-oleh khas dari tempat wisata. Untuk kamu yang ingin beli oleh-oleh, sebaiknya cari oleh-oleh khas yang murah meriah. Beli secukupnya saja untuk keluarga atau teman. Kalau beli makanan khas, beli yang bisa dimakan rame-rame. Seru, tuh!

Jangan memaksakan diri untuk membeli souvenir yang mahal jika budgetmu tidak cukup. Tahan diri agar tak sembarang gesek kartu kredit, bisa-bisa setelah liburan utangmu malah numpuk lagi. Bukannya fresh malah stress setelah liburan.

Nah, itulah 7 tips hemat berlibur akhir tahun dan menyenangkan ala Izwie. Kamu yang sudah menyiapkan liburan bisa mempraktekkan apa yang sudah Izwie sampaikan. Selamat berlibur!

Editor : Bagus Hermawan
Direkomendasikan Untuk Anda :

1 komentar: