Kamis, 18 Desember 2014

7 Gaya Hidup Sehat Yang Mudah Untuk Dilakukan

Gaya Hidup Sehat Yang Mudah Untuk Dilakukan - Dari hari ke hari, gaya hidup sehat semakin ditinggalkan oleh orang-orang, terutama anak muda yang sukanya serba instan. Mulai dari pola makan, pola tidur, pola pikir, sampai pola hidup secara keseluruhan jauh banget dari kata sehat. Yakin deh, kamu lebih suka menyantap mie instan daripada makan sayur lalapan! Kamu lebih suka begadang nonton DVD daripada tidur lebih awal dan bangun lebih pagi. Dan.... pasti deh kamu lebih suka nongkrong nggak jelas sana-sini daripada baca buku or nulis!

Emang sih, godaaan untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan negatif jauh lebih besar karena mudah untuk dilakukan. Kamu bisa membuat daftar kebiasaan-kebiasaan tidak sehat yang kamu lakukan setiap hari, bandingkan dengan kegiatan positif yang rutin kamu lakukan. Banyak mana? :D

Kali ini Izwie bakalan kasih panduan hidup sehat untuk kamu yang nggak pernah peduli dengan kesehatan sekalipun. Tips ini semata-mata ditulis agar kaum muda lebih peduli dengan gaya hidup sehat, sehingga tidak menyesal apabila sudah tua sakit-sakitan akibat gaya hidup tidak sehat yang  kamu jalani sekarang.

Mudah saja kok, sebenarnya. Simak, yah!

1. Tidur Lebih Awal, Bangun Lebih Pagi

Tidur Lebih Awal, Bangun Lebih Pagi
Tidurlah lebih awal dan bangunlah lebih pagi - img : www.huffingtonpost.com

Lazimnya, anak muda merasa sayang jika malam-malamya hanya dihabiskan untuk tidur cepat. Mereka lebih suka begadang untuk melakukan hal-hal yang menurut mereka penting untuk dilakukan. Padahal, yah, nggak penting-penting juga sih. Main game, nonton dramkor (drama korea) berepisode-episode, nonton pertandingan bola, ngobrol sama temen or pacar di telepon, chatting, dan masih banyak lagi kegiatan nggak jelas lainnya.

Hei, bukankah yang rugi adalah badanmu sendiri? Begadang terbukti merugikan kesehatan, antara lain bisa meningkatkan gejala stroke, telinga berdenging, memicu hipertensi, diabetes dan kegemukan. Hasil penelitian dalam jurnal Archives of Disease in Chilhood menyatakan bahwa saat seseorang tidak mendapat cukup istirahat, maka akan memicu pembentukan glukosa menjadi lebih cepat dan berakhir dengan munculnya diabetes. Di saat yang bersamaan, kurang tidur akan menambah rasa lapar dan ujungnya adlah meningkatnya nafsu makan.Oh, no! Nggak banget kan? Apalagi kalau kamu jadi mengantuk dan nggak produktif keesokan harinya.

Makanya, Izwie menyarankan kamu buat tidur lebih awal setiap malamnya. Tidur lebih cepat bisa membuatmu bangun lebih awal juga. Nah, dengan bangun pagi, kamu bisa lebih sehat karena bisa menghirup udara segar setiap pagi.

2. Sarapan Sehat

Sarapan Sehat
Sarapan adalah kunci utama bagi kamu untuk memulai hari. Sarapan yang berkualitas akan membuat kamu bisa produktif seharian. Sebaliknya, sarapan yang tidak sehat akan membuatmu lemah, loyo, dan tidak bersemangat. Cara kamu memilih sarapan yang sehat menentukan langkahmu seharian. So, pilihlah sarapan sehat agar hidupmu jugas sehat.

Lalu, apa yang dimaksud dengan sarapan sehat? Tubuh kita terdiri dari triliyunan sel dan memerlukan 114 nutrisi berbeda yang harus kita penuhi. Wow! Yang dimaksud dengan sarapan sehat adalah sarapan yang tinggi protein dan serat. Kurangi jumlah karbohidrat, karena justru akan membuat kita mengantuk.

3. Olahraga, Guys!

Olahraga
Malas berolahraga berarti menabung penyakit. Banyak penyakit ditimbulkan oleh kemalasan berolahraga. Padahal, olahraga tidak perlu berat dan lama lho! Pilih olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, senam, basket, dan yoga. Kamu boleh berolahraga di pagi hari atau sore hari dengan durasi yang tidak terlalu panjang. Yang penting gerak dulu deh.

4. Banyak Minum Air Putih

Air Minum
Banyak anak muda yang lebih suka meminum minuman yang berwarna dan berasa (manis) atau bersoda. Jarang yang mau teratur minum air putih, apalagi sesuai dengan anjuran kesehatan. Padahal, air putih memiliki banyak manfaat kesehatan yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Tubuh kita perlu cairan untuk berbagai macam keperluan seperti metabolisme, cadangan air, pencernaan, dan mempertahankan kelembaban kulit. Kekurangan cairan atau dehidrasi sangat berbahaya untuk kesehatan, karena beresiko memicu penyakit, pingsan, bahkan ada kasus orang yang meninggal dunia karena dehidrasi.

So, mulai sekarang jangan malas minum air putih ya, Guys! Lebih sehat lagi jika kamu minum infused water, yakni air yang diberi buah-buahan atau sayuran agar air tersebut terimbas vitamin yang ada dalam bahan tambahan tersebut. Cara membuatnya bisa kamu googling sendiri ya, mudah kok.

5. Senyum

Senyum
Cara termudah untuk menjadi sehat dan cakep (cantik atau ganteng) adalah dengan tersenyum. Tersenyum membuat suasana hatimu jadi membaik, juga menginspirasi orang lain untuk berpikir positif juga. Senyum terbukti dapat menyehatkan jiwa, sehingga kamu juga akan hidup lebih sehat dan segar setiap hari dengan menyediakan stok senyuman di wajahmu.

6. Bertemu dengan Orang Lain

Bertemu dengan Orang Lain
Percaya atau tidak, orang yang nggak pernah ketemu orang akan lebih mudah jatuh sakit. Kita sebagai makhluk sosial membutuhkan orang lain untuk bertukar energi positif. Cobalah untuk tidak ketemu orang selama sebulan (hahaha, nggak mungkin, kan?), kamu bakalan jadi 'zombie'. Bertemu orang bisa membuat kesehatanmu meningkat, karena hati kamu juga tenang dan bahagia.

7. Baca Buku atau Artikel Online Tentang Kesehatan

Baca Buku atau Artikel Online Tentang Kesehatan
Sebenarnya, masih ada segudang informasi berkenaan dengan kesehatan. Kamu bisa kamu dapetin di dalam buku-buku tentang kesehatan dan membaca artikel online tentang kesehatan. Semakin banyak pengetahuanmu tentang kesehatan, semakin peduli pula kamu dengan kesehatan badanmu. Jangan malas belajar cara menjaga kesehatan ya, Guys.

Nah, itu tadi panduan hidup sehat untuk kamu sobat Izwie. Jangan lupa untuk selalu menerapkan hidup yang sehat dan seimbang ya, agar hidup kamu lebih mantab dan kamu bisa melakukan hal-hal yang berguna. Selamat mencoba!

Editor : Bagus Hermawan
TAGS
#Kesehatan
Direkomendasikan Untuk Anda :

3 komentar:

  1. thanks untuk post nya min...
    mampir dimari ya Animebaru.net

    BalasHapus
  2. Informasi diatas sangat membantu aktivitas sehari-hari mengenai kesehatan.. Tentu saja setiap orang ingin hidupnya sehat. Terimakasih telah berbagi tipsnya.. Salam

    BalasHapus