Senin, 22 Desember 2014

7 Alasan, Kenapa Seseorang Gemar Menggunakan Media Sosial

Sobat Izwie, pasti sudah akrab dengan berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter juga Instagram bukan? Yups, di era digital dan teknologi seperti saat ini, arus informasi berkembang semakin cepat. Banyak jalan untuk terhubung dengan orang lain lewat dunia maya salah satunya dengan berbagai aplikasi media sosial yang semakin memudahkan seseorang dalam berkomunikasi dengan orang lain. Hebatnya, semuanya terbilang gratis! Cukup terhubung dengan internet, maka beragam media sosial siap menampung ide-ide segar Anda.

Punya foto bagus dan momen berkesan, tinggal twitpic. Punya video keren, tinggal unggah ke instagram. Punya kata-kata yang memotivasi, update status di facebook. Serba praktis dan serba cepat. Di manapun Anda berada, Anda dapat terhubung langsung dengan saudara dan teman-teman Anda. Berbagi keceriaan, kini makin mudah cukup sekali klik saja. Tak jarang, media sosial membuat Anda ketagihan. Rasanya ada yang kurang jika sehari saja tak mengupdate status.

Nah, sobat Izwie kali ini kita akan membahas apa sih alasan seseorang suka menggunakan media sosial? Simak 7 Alasan Seseorang Gemar Menggunakan Media Sosial berikut ini.

1. Mengikuti Tren Masa Kini

Alasan, Kenapa Seseorang Gemar Menggunakan Media Sosial
Mayoritas masyarakat kita memang sangat up to date terhadap perkembangan yang terjadi. Entah itu di dunia nyata, maupun yang ada di dunia nyata. Apalagi sekarang harga gadget terbilang sangat murah! Hampir semua orang yang tua maupun yang muda bahkan anak-anak bisa terhubung (online) lewat Smartphone atau-pun tablet. Semua serba canggih dan mudah.

So, makin banyak yang ikut-ikutan mencoba hal baru yang sedang booming. Terkadang, bermedia sosial hanya karena tak mau disebut ketinggalan jaman. Pokoknya ikut yang sedang tren. Apa yang sedang populer pasti diikuti. Ada saja alasan untuk online, update dan sangat aktif menggunakan media sosial.

2. Ajang Menjalin Pertemanan

Ajang Menjalin Pertemanan
Anda yang sudah lama lost contact dengan kawan lama Anda, bisa lho terhubung kembali melalui media sosial. Cukup ketikkan namanya, jika ia aktif menggunakan media sosial maka Anda bisa menyapanya kembali. Anda juga dapat mengumpulkan teman-teman Anda dengan menggunakan grup khusus sebagai ajang sharing sekaligus reuni. Anda juga dapat bertemu dengan teman-teman baru dari berbagai daerah. Selain itu, media sosial juga menjadi jembatan penghubung idola dengan penggemarnya, pemerintah dengan rakyatnya, serta perusahaan dengan konsumennya.

3. Mengembangkan Toko Online

Mengembangkan Toko Online
Toko online (online shop) kian marak di Indonesia. Selain menggunakan website, para pedagang di toko online sering menggunakan media sosial untuk mempromosikan produknya agar bisnisnya makin terdongkrak. Cukup meng-upload produk-produk terbaru, calon pembeli akan datang. Apalagi dengan gambar-gambar yang meyakinkan dan diskon yang menarik, dagangan makin laris manis. Bisa dikatakan, media sosial adalah sarana untuk berpromosi yang mudah dan gratis. Tetapi tentu saja baik pembeli dan penjual harus saling waspada dari tindak penipuan.

5. Berburu Hadiah

Berburu Hadiah
Banyak promosi yang dilakukan oleh brand-brand terkenal dengan cara mengadakan kuis yang menawarkan hadiah. Anda pun berkesempatan meraih hadiah tersebut dengan mengikuti syarat-syaratnya. Bagi Anda yang cukup aktif, semakin banyak kesempatan yang Anda miliki.

5. Sarana Membangun Jaringan

Sarana Membangun Jaringan
Seperti di dunia nyata, Anda-pun bisa bersosialisasi dengan lebih banyak orang lintas daerah bahkan lintas negara. Anda bisa mulai mengikuti beragam komunitas yang sesuai dengan minat Anda. Media sosial bisa mempertemukan Anda dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Bagi Anda yang memiliki bisnis, media sosial dapat memperluas jaringan Anda untuk memperoleh customer dari penjuru tanah air bahkan luar negeri.

Satu lagi, kini banyak perusahaan yang merekrut calon karyawannya dengan mengecek langsung media sosialnya. Kepribadian Anda juga tercermin dari akun sosial media Anda lho. Ini akan menjadi bahan pertimbangan apakah Anda diterima atau tidak. So, tulis yang baik-baik saja ya!

6. Telaga Ilmu dan Sumber Informasi

Telaga Ilmu dan Sumber Informasi
Anda dapat belajar lebih cepat dengan memanfaatkan internet. Banyak media sosial yang memang khusus dibuat untuk memberikan informasi dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi Anda. Anda dapat meng-update berita terbaru yang sedang marak diperbincangkan. Anda-pun dapat berpartisipasi dengan menge-share informasi yang bermanfaat tersebut kepada orang lain.

7. Meng-update Media Sosial Dapat Menghilangkan Stres

Meng-update Media Sosial dapat Menghilangkan Stres
Bagi Anda yang memiliki segudang aktivitas, baik itu belajar dan bekerja seringkali mengalami stres dan jenuh. Media sosial adalah salah satu cara ampuh melepas kejenuhan Anda. Anda bisa sharing dengan kawan-kawan Anda, chatting, dan banyak lagi. Meng-update media sosial bisa menghilangkan bosan dan kantuk saat Anda menunggu bus atau saat perjalanan di kereta. Anda mungkin akan sedikit kepo ingin melihat aktivitas teman-teman Anda. Berbagi pengalaman seru lewat juga dapat menghilangkan stres Anda.

Media sosial memang menawarkan segudang layanan yang membuat Anda merasa senang. Namun, gunakanlah secara wajar dan bijak. Jangan sampai keasyikan Anda di media sosial membuat anda lupa waktu, sehingga produktivitas Anda semakin berkurang. Manfaatkanlah sebagai sarana untuk berbagi manfaat dan kebahagiaan. Jangan sampai media sosial hanya digunakan untuk sarana mengeluh, galau dan hal yang tak bermanfaat lainnya.

So, sudahkah Anda mengupdate media sosial Anda hari ini?

Editor : Bagus Hermawan
Direkomendasikan Untuk Anda :

2 komentar: