Jumat, 12 Desember 2014

5 Jurus Ajaib Untuk Menghebatkan Potensimu

5 Jurus Ajaib Untuk Menghebatkan Potensimu - Buat kamu yang lagi menjalani rutinitas perkuliahan, tentu ada banyak hal yang bisa dikerjakan. Mulai dari aktivitas belajar di kelas, mengerjakan tugas, organisasi, jalan bareng sahabat, dan segudang aktivitas lainnya. Itu kalau kamu termasuk mahasiswa yang rajin loh, aktivis istilahnya. Tetapi, kalau kamu termasuk mahasiswa tipe kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang) maka keseharian kamu bakalan super membosankan. Ya, nggak?

Ada saat-saat dimana kamu merasa bahwa hidup kamu stagnan atau monotone. Kayaknya waktu yang kamu punya terbuang sia-sia. Banyak bengong, hingga untuk pelampiasan kamu suka nyampah di media sosial. Nggak banget deh!

Kuliah udah jalan beberapa semester, tapi temen nggak nambah-nambah. Pengalaman nggak dapet, trus hidup rasanya membosankan banget. Pernah nggak kamu kepikiran buat mengubah hidupmu menjadi lebih baik? Iya, kamu! Nyadar nggak sih, kalau kamu tuh punya potensi yang luar biasa dalam diri kamu untuk melakukan sesuatu yang bermakna dalam hidup kamu. Kamu bisa memaksimalkan potensimu untuk menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain.

Nah, untuk mengawali langkah menjadi manusia yang lebih baik (cieh...), izwie bakalan memberikan 5 jurus ajaib untuk menghebatkan potensimu. Di sini kamu bakalan tahu bahwa menjadi mahasiswa yang sarat karya cuma butuh langkah-langkah sederhana. Bahkan mahasiswa yang masih polos pun bisa kok melejitkan potensi.

Nggak perlu berlama-lama lagi, Izwie bakalan kupas satu persatu. Check this out, guys!

1. Awali Harimu Dengan Doa

Awali Harimu Dengan Doa
Do'a Di pagi hari itu penting

Segera bangun pagi-pagi, sebelum ayam berkokok. Bangun pagi akan membuat badanmu segar dan siap beraktivitas seharian. Bagi kamu yang muslim, wajib bangun pagi untuk segera melakukan shalat subuh. Ini adalah langkah pertama untuk menghebatkan harimu.

Berdoalah kepada Tuhan Yang Maha Esa agar seluruh harimu menjadi hari yang bermanfaat. Doa akan menebar aura positif pada dirimu, sehingga kamu bisa lebih semangat menjalani aktivitas seharian.

2. Merenung Sejenak dan Buat Schedule Harian

Buat jadwal harian
Buatlah jadwal harianmu

Setelah kamu selesai berdoa, luangkan waktu sejenak untuk membuat sebuah daftar yang berisikan rencana kegiatanmu seharian. Percaya deh, gagal merencanakan berarti merencanakan untuk gagal. Tuliskan rencana-rencanamu, seperti apa aktivitas rutinmu, dan apa yang ingin kamu kerjakan. Lebih baik lagi kamu tentukan alokasi waktunya agar kamu mudah mengontrol jadwalmu.

3. Buat Target Dalam Hidupmu

Buat Target Dalam Hidupmu

Buat Target dalam hidupmu -  image: aryginanjar.com

Buatlah target pencapaian dan cara untuk mencapainya. Misalnya kamu punya target untuk memperoleh nilai A pada mata kuliah X, maka kamu perlu merumuskan langkah-langkah untuk mencapainya. Selalu datang tepat waktu, memahami materi, mereview materi seusai kuliah, membaca buku-buku referensi dan mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya adalah tindakan nyata untuk mendukung tercapainya target kamu.

Hal ini berlaku juga untuk target yang lebih besar seperti lulus tepat waktu (syukur-syukur cum laude), belajar mandiri sebelum lulus kuliah dengan memiliki bisnis sendiri, menulis dan menerbitkan buku sebelum lulus sidang skripsi, hingga pencapaian lain seperti menang perlombaan/olimpiade tertentu. Sesuaikan saja dengan passion kamu.

Semakin detail target dan langkah pencapaian yang kamu tulis, semakin besar pula kesempatanmu untuk menghebatkan diri. Ingat, potensi manusia itu sangat dahsyat. Jika sobat Izwie bisa memanfaatkannya dengan baik, maka hidup kamu akan berkualitas!

4. Be the Best, Don’t Normal

Jadilah yang terbaik
Jadilah yang terbaik

Lakukan yang terbaik pada setiap hal yang kamu kerjakan. Jangan setengah-setengah dalam berkarya. Jika kamu ingin nilaimu A semua, maka lakukan yang terbaik saat kamu kuliah. Jika kamu ingin menjadi mandiri, bahkan sebelum lulus kuliah sudah berpenghasilan, jangan malas berusaha mencari pekerjaan sampingan, magang, atau bahkan membangun bisnis sendiri. Banyak kok, mahasiswa sukses membangun bisnis. Contoh saja Elang Gumilang yang punya bisnis properti, atau Hamzah Izzul Haq yang kini punya ‘kerajaan bisnis’ sendiri. Kamu bisa membaca kisah sukses para pengusaha yang hebat sejak masih menjadi mahasiswa.

5. Jadi Sebaik-baik Manusia

Jadi Sebaik-baik Manusia
Bermanfaat bagi orang lain

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Demikian kalimat bijak yang dapat memotivasi sobat Izwie untuk rajin berkarya dan bermanfaat bagi orang lain. Hidup hanya sekali, jadi jangan pernah numpang lewat, ya. Lakukan hal-hal positif dan bemanfaat dalam hidup. Mulailah peka untuk melakukan kebaikan sekecil apapun, minimal kamu tidak merugikan dan mengganggu orang lain.

Nah, itu tadi 5 jurus ajaib yang bisa sobat Izwie terapkan agar hidupmu semakin hebat dan bermanfaat. Selamat mencoba!

Editor : Bagus Hermawan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: