Jumat, 19 Desember 2014

4 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat air putih bagi kesehatan tubuh manusia sangat besar. Bahkan, para praktisi kesehatan menyarankan seseorang untuk mengkonsumsi air putih yang sehat minimal 8 gelas sehari. Arti dari air putih yang sehat, yaitu tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Dengan demikian, memang benar-benar murni air putih yang belum tercampur oleh zat atau bahan tertentu. Saran tersebut mungkin dari buku-buku pelajaran di sekolah hingga majalah kesehatan sudah pernah menulisnya. Lalu, apa saja manfaat air putih bagi kesehatan tubuh manusia? Untuk lebih jelasnya, bacalah uraian singkat di bawah ini.

Memperlancar Sistem Pencernaan Dalam Tubuh

Air Minum Yang Membahayakan Bagi Tubuh
Sistem pencernaan pada tubuh manusia melibatkan beberapa organ tubuh bagian dalam, yaitu mulai dari kerongkongan hingga usus besar. Semua organ tubuh dalam sistem pencernaan manusia dapat bekerja dengan optimal jika terdapat cairan di dalam tubuh yang mencukupi. Cairan tubuh tersebut bisa tercukupi dari konsumsi air putih Anda sehari-hari. Dengan mengkonsumsi air putih secara teratur dengan jumlah yang disarankan, tidak akan ada permasalahan dalam sistem pencernaan. Misalnya, sakit perut, sembelit, dan lain sebagainya.

Menyegarkan Dan Menghaluskan Kulit Tubuh

Sebagian besar tubuh manusia terdiri atas cairan. Oleh karena itu, semua organ tubuhnya, baik yang di luar maupun yang ada di dalam mengandung cairan dalam bentuk darah, keringat, urine, dan lain sebagainya. Nah, terkait organ tubuh manusia yang terluar, yaitu kulit akan selalu segar dan mulus jika Anda setiap hari mengkonsumsi air putih dengan rutin. Pasalnya, sel-sel kulit yang telah mati akan tergantikan atau diremajakan secara alami. Dengan begitu, tidak ada kulit tubuh yang kering, kusam, dan kendur.

Berfungsi Sebagai Detoksifikasi Di Dalam Tubuh

Salah satu manfaat air putih, yaitu sebagai detoksifikasi di dalam tubuh manusia. Artinya, air putih yang Anda minum setiap hari secara rutin dapat meneluarkan berbagai racun dari dalam tubuh melalui urine saat buang air kecil, atau keringat saat Anda berolahraga. Racun tersebut mungkin berasal dari bahan kimiawi yang terkandung dalam makanan atau minuman yang Anda konsumsi secara rutin. Oleh karena itulah, selalu berhati-hatilah jika mengkonsumsi sesuatu, apakah mengandung bahan kimiawi berbahaya atau tidak. Lebih disarankan jika Anda mengkonsumsi makanan atau minuman yang alami, seperti halnya air putih.

Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal di dalam tubuh disebabkan oleh kandungan garam yang larut dalam air hingga mengendap di dalam ginjal. Sedikit demi sedikit endapan garam tersebut berubah menjadi butiran kristal sebesar butiran pasir. Selanjutnya, jika terus mengendap, tidak munutup kemungkinan butiran tadi akan berubah menjadi batu karena ukurannya yang lebih besar. Tentu saja jika terdapat batu pada ginjal, maka fungsi organ tersebut akan terganggu. Bahkan, beberapa kasus menyebabkan hingga mengalami gagal ginjal, sehingga harus mencuci darah secara manual. Hal itu dikarenakan salah satu fungsi vital ginjal adalah untuk membersihkan darah di dalam tubuh manusia. Untuk menghindari penyakit batu ginjal atau gagal ginjal, sebaiknya mulai dari sekarang Anda mengkonsumsi air putih yang cukup banyak. Dengan begitu, endapan garam serta bahan-bahan kimiawi berbahaya di dalam tubuh dapat dikeluarkan lewat air seni.

Itulah beberapa manfaat air putih bagi kesehatan tubuh manusia yang perlu sobat Izwie ketahui. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang dunia kesehatan. Salam sehat selalu.
TAGS
#Kesehatan
Direkomendasikan Untuk Anda :

1 komentar: