Selasa, 16 Desember 2014

10 Kebiasaan Sederhana Yang Bisa Membuat Seseorang Menjadi Hebat

10 Kebiasaan Sederhana Yang Bisa Membuat Seseorang Menjadi Hebat - Tahukah Anda, menjadi orang yang hebat tidaklah harus melakukan perbuatan yang super hebat, super cerdas dan super-super yang lain. Banyak orang hebat yang memulai karir-nya berawal dari hal-hal sederhana yang ia lakukan dalam kesehariannya. Ingat, kebiasaan baik yang dilakukan secara ulet, akan mampu mempengaruhi kesuksesan Anda kelak.

Kebiasaan memang harus di mulai dari diri sendiri dengan melakukan kegiatan positif agar hidup semakin hebat. Mungkin awalnya akan berat, namun lama-kelamaan Anda akan terbiasa dan mungkin akan menjadi terlena jika Anda memang benar-benar menyukai kebiasaan baik tersebut. Lakukan saja terus-menerus dan nikmatilah prosesnya.

Apa aja sih kebiasaan sederhana yang bisa membuat semakin hebat? Yuk sobat Izwie, simak 13 kebiasaan berikut ini.

1. Tangkap Ide Baru Dan Tulislah

Hal Sederhana Yang Bisa Membuatmu Hebat
Setiap hari, ribuan ide berkelebat dalam otakmu. Kamu bisa saja terinspirasi dari hal-hal di sekitar lingkungan. Rangsanglah otak Anda agar ide-ide segar selalu muncul jika tak mau otak Anda menjadi beku! Jangan lupa, tangkap ide baru yang hadir dengan mencatat ide tersebut. Ya, tulis apa saja idemu hari ini.

Make Your Own To-Do-List

Awali harimu dengan menuliskan apa yang ingin Anda capai hari ini. Tidak masalah mencantumkan hal-hal yang detail untuk pencapaian jangka pendek, dan poin-poin untuk jangka panjang. Ini penting, karena orang yang tidak merencanakan untuk sukses bisa dikatakan sedang merencanakan untuk gagal.

2. Biasakan Diri Untuk Membaca

Biasakan Diri Untuk Membaca
Dengan membaca, baik itu koran, majalah dan informasi media online seperti Izwie.com. Dengan membaca, Anda juga akan meng-update informasi-informasi terbaru. Dijamin, Anda akan lebih peka terhadap apa yang terjadi di dunia saat ini dan tentunya akan membuka wawasan Anda.

Di lain sisi, sebisa mungkin untuk terbiasa membaca buku fiksi maupun nonfiksi - Biasakan untuk membaca dimanapun, karena Anda tak pernah tahu kapan Anda memiliki waktu senggang. Entah itu di halte, di kereta atau saat menunggu jemputan. Manfaatkan waktu Anda untuk membaca baik itu melalui buku maupun gadget yang Anda bawa.

Membaca buku fiksi dapat mengembangkan imajinasi Anda, sedang membaca buku non fiksi dapat mempertajam pengetahuan Anda dengan topik-topik yang lebih berat.

3. Matikan TV!

Matikan TV!
Matikan TV - image : www.family.fimela.com

Jika Anda termasuk visual learner yang jarang membaca buku, menonton tayangan edukatif sangat disarankan. Anda yang masih banyak menghabiskan waktu di depan TV, sering terjebak pada tayangan yang kurang mendidik, cobalah beralih menonton film, video di youtube atau TED yang lebih inspiratif dan informatif. Karena, tayangan sangat mempengaruhi kepribadian Anda.

4. Follow Akun Inspiratif

Anda yang aktif di media sosial, harus pandai menyaring informasi yang masuk ke beranda Anda. Anda bisa memfolow akun-akun tokoh inspiratif agar pikiran Anda ikut terbawa positif. Hindari berteman dengan orang-orang sering berbagi hal negatif di media sosial Anda.

5. Berbagi Pengalaman Kepada Orang Lain

Berbagi Pengalaman Kepada Orang Lain
Orang yang memiliki ilmu atau pengalaman namun tak mau membagikannya dengan orang lain bagaikan pohon yang tak berbuah. Anda bisa lakukan hal sederhana dengan berbagi pengalaman Anda di media sosial, mengisi training motivasi, berdiskusi dengan komunitas yang Anda ikuti, atau-pun menulis buku atau di blog pribadi.

Dengan berbagi pengalaman melalui komunikasi sederhana, Anda juga akan berkenalan dengan orang baru dan dapat memberi warna baru dalam hidup Anda. Jangan segan untuk menyapa terlebih dahulu dengan orang yang Anda temui di bus, maupun di tempat umum lainnya. Siapa tahu, ia bisa jadi relasi Anda kedepannya.

6. Kepo, Why Not?

Kebiasaan berikutnya adalah selalu ingin tahu. Kepo dalam konteks yang positif ini dapat merangsang kreatifitas Anda dalam belajar ilmu-ilmu baru yang ingin Anda pelajari. Ikutilah rasa ingin tahu Anda, dan temukan jawabannya dengan mencarinya dari berbagai sumber.

7. Tinggalkan 'Comfort Zone' Anda

Tinggalkan 'Comfort Zone' Anda
Jika Anda merasa nyaman dalam suatu tempat atau keadaan, berhati-hatilah. Anda harus berani keluar dari zona nyaman Anda untuk berkembang. Merasa nyaman akan membuat Anda terlena dan enggan meraih pencapaian yang baru. Padahal, banyak hal di luar sana yang menarik untuk Anda coba! Leave your comfort zone, guys!

8. Renungkan Pencapaianmu

Merenung
Milikilah waktu untuk merenungkan pencapaianmu hari ini. Berhentilah dari rutinitas dan sejenak mengevaluasi hal yang telah Anda capai dan belum Anda lakukan. Bisa jadi, inilah saat titik balik untuk menghebatkan hidup Anda.

9. Mulailah Menekuni Hobi Anda

Menekuni Hobi
Hobi adalah hal yang sering Anda lakukan berulang-ulang. Banyak orang hebat yang memulai karir puncaknya berawal dari menekuni hobinya, seperti fotografer, fashion designer, bahkan penulis. Semuanya yang mereka lakukan adalah hal yang mereka senangi.

10. Ambil Tindakan Nyata

Ambil Tindakan Nyata
Ambilan tindakan nyata - image: www.redbull.com

Tunggu apalagi, segera ambil tindakan yang nyata untuk mengeksekusi hal-hal yang ingin Anda lakukan saat ini. Sebanyak apapun ilmu yang anda pelajari, akan lebih baik jika diaplikasikan dalam kehidupan.

Nah, sobat Izwie itulah 10 kebiasaan sederhana yang bisa membuat seseorang menjadi hebat. Jangan ragu lagi, segera lakukan dari hal yang paling sederhana dan dekat dengan Anda. Selamat mencoba!

Editor : Bagus Hermawan
Direkomendasikan Untuk Anda :

1 komentar:

  1. Sangat menginspirasi sekali
    Terima kasih Izwie...

    BalasHapus